Balikpapan – Institut Teknologi Kalimantan terus berupaya melakukan pembangunan, guna memberikan pelayanan pendidikan terbaik. Bertepatan dengan dies natalis yang ke-6, yakni Oktober 2020, ITK berhasil merampungkan pembangunan laboratorium terpadu. Gedung 3 lantai yang dibangun melalui skema pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) ini ditujukan untuk meningkatkan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat, baik dosen maupun mahasiswa. Gedung laboratorium beserta peralatan yang memadai di dalamnya, diharap dapat menghasilkan publikasi-publikasi, yang dapat mendukung percepatan ITK dalam bidang keilmuan.

Wakil Koordinator Pembangunan Laboratorium Terpadu ITK, Adrian Gunawan, S.Si., M.Si., mengatakan bahwa gedung ini memiliki 30 ruangan yang dapat diakses oleh seluruh mahasiswa maupun dosen. Gedung ini pun melebur laboratorium yang sebelumya terkotak-kotak, satu laboratorium untuk satu program studi.

“Jadi, di gedung laboratorium terpadu ITK ini terdapat 30 ruangan yang semuanya akan diguna untuk fasilitas laboratorium terpadu, dimana seluruh mahasiswa, dosen, bisa mengakses ke seluruh ruangan. Jadi tidak lagi terkotak-kotak, satu laboratorium untuk satu program studi,” jelas Adrian.

Tidak hanya itu, Dosen Teknik Kimia ini pun menjelaskan bahwa Laboratorium Terpadu ITK juga dilengkapi oleh beragam instrumen canggih yang dapat mendukung kegiatan penelitian. “Di dalam laboartorium terpadu ini kita telah melengkapi berbagai alat instrumen untuk penelitian. Diantaran XFD, XRF, scanning electro microscope, frurier transform infrared, surface area analyzer, dan berbagai alat lainnya yang menunjang kegiatan pendidikan tinggi peneltian dan pengabdian pada masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Koordinator Pembangunan Laboratorium Terpadu ITK, Andika Ade Indra Saputra, S.T., M.T., mengatakan bahwa ini merupakan kali kedua ITK mendapatkan pendanaan proyek infrastruktur melalui SBSN. Pada tahun 2019, ITK telah melakukan pembangunan Gedung E, F, dan G melalui sumber pendanaan yang sama. Andika pun menuturkan, SBSN telah memberikan banyak manfaat bagi penambahan fasilitas, sarana serta prasarana pendukung perkuliahan ITK.

“Pemanfaatan gedung laboratorium terpadu tahun 2020 ini adalah dana kali kedua ITK mendapatkan SBSN. tahun ini alhamdulillah kita mendapatkan total dana sekitar 99 miliar yang kita fungsikan sebagai gedung laboratorium terpadu,” tutup Andika.

Bagikan Yuk :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •