Balikpapan – Institut Teknologi Kalimantan pada (25/09/2021) mengadakan Sosialisasi-Kolaborasi Workshop Software Matematika, Statistika dan Rumpunnya 2021 Edisi 2. Pada kegiatan tersebut ITK bekerjasama dengan Lab. Sains Data Jurusan Matematika dan Teknologi Informasi ITK, IndoMS Kalimantan, IndoMS Sulawesi, IndoMS Papua, dan IndoMS Papua Barat. Kegiatan yang diadakan dilakukan secara virtual melalui zoom meeting dan live youtube. Sebanyak lebih dari 100 peserta yang terdiri dari, Dosen, Mahasiswa S1, Mahasiswa S2 dan umum hadir untuk menyimak pemaparan yang disampaikan oleh  para narasumber. Kegiatan Sosialisasi kolaborasi workshop ini diinisiasi oleh Kepala Lab Sains Data JMTI ITK yaitu Syalam Ali Wira Dinata, S.Si., M.Si. Kegiatan yang dilakukan turut menundang berbagai narasumber yang kompeten dibidangnya, serta diisi oleh sembilan narasumber yang berpengalaman dalam bidang komputasi matematika, komputasi statistika, dan komputasi data sains. Kegiatan secara resmi dibuka oleh Gub. IndoMS Kalimantan, Pardi Affandi, S.Si., M.Sc. dari Departemen Matematika FMIPA ULM, Gub. IndoMS Sulawesi, Prof. Dr. Ir. Nurdin, S.Si., M.Si. dari Departemen Matematika FMIPA UNHAS, kemudian Ketua Jurusan JMTI-ITK Indira Anggriani, S.Si., M.Si. dari Jurusan Matematika dan Teknologi Informasi dan Gub. IndoMS Papua dan Papua Barat Abraham, S.Si., M.Si. dari Departemen Matematika FMipa UNCEN.

Gambar 1. Penyampaian Salah Satu Narasumber

Pada kegiatan kolaborasi tersebut Bapak Dr. Rado Yendra, S.Si., M.Sc dari Jurusan Matematika  UIN Suska Riau menyampaikan materi dengan tema R Komputasi dan terapannya terkait dengan data hujan, Bapak Ujang Purnama  dari Jurusan Physiology, Anatomy and Genetics di Univ. of Oxford  yang sedang menempuh jenjang Doctorate terkait penerapan data analisis di bidang kesehatan, kemudian Bapak Prana Ugiana Gio, M.Si  dari Kampus FMIPA Matematika USU Medan  dengan  judul “software statcalc” dan Implementasinya, Bapak Hendra Perdana, M.Sc.  dari Dosen PS Statistika Universitas Tanjungpura dengan judul Structural Equation Modelling using R, Ibu Primadina Hasanah, S.Si., M.Sc.  dari Prodi ilmu Aktuaria JMTI-ITK  terkait Predictive Analytics. Kemudian Prof. Ir. Budi Santosa Purwokartiko, Ph.D  dengan judul R Komputasi dan implementasi dalam metode  PSO dari Kampus Institut Teknologi Kalimantan, Bapak  Felix Reba, S.Si., M.Sc.  dari kampus FMIPA Matematika Universitas Cendrawasih Papua, Bapak  Syamsul Mujahidin, M.Eng  dari prodi Informatika JMTI-ITK Software Python dan komputasinya, Bapak Syalam Ali Wira Dinata Simatupang, S.Si., M.Si dari prodi Statistika JMTI-ITK terkait dengan Data load electricity dan implementasinya dengan SAS.

Dalam presentasinya, para narasumber memaparkan beragam jenis komputasi dan data yang ada dalam berbagai bidang serta kemampuan komputasi menjadi salah satu syarat utama. Aplikasi dan potensi riset dari penggunaan software komputasi ini pun cukup beragam mulai dari bidang teori dan komputasi hujan dengan bantuan R, pengambilan keputusan, data sains,  peramalan, Melakukan Seleksi Data di STATCAL Menggunakan Menu Data Selection, dan lain-lain. Harapannya dengan diadakannya kegiatan ini, peserta memperoleh knowledge baru, pengayaan dan pemahaman software komputasi, serta mendukung program dari kemendikbud, yakni program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan  juga semoga bisa menjadi motivasi untuk turut  mengkaji matematika dan rumpunnya.

Rekaman kegiatan dapat diakses melalui channel youtube Sosialisasi-Kolaborasi Workshop Software Matematika dan Rumpunnya 2021 Edisi 2 – YouTube

#KampusMerdeka

Humas Institut Teknologi Kalimantan

Bagikan Yuk :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •