Balikpapan – Institut Teknologi Kalimantan (ITK) Menorehkan prestasi membanggakan melalui mahasiswa program studi Perencanaan Wilayah dan Kota. Adapun prestasi tersebut ialah mereka mendapatkan terbaik III Karya Studio Perencanaan Tata Ruang dibawah bimbingan bapak Achmad Ghozali, S.T., M.T., Kemudian untuk tim mahasiswa yang bergabung didalammnya terdapat total 8 mahasiswa yaitu, Reza Rizqullahiansyah Widyatna Winada, Karina Maya Gayatry, Laila Fitria, Ahmad Diego Febry Mursyid, Siti Indreani, Shoffi Akmalunnisaa, Hade Satrianas Neowa, dan Bayu Ismayana.

Kegiatan pelaksanaan berlangsung dari tanggal 15 Juli hingga 31 Agustus 2021, kegiatan seleksi dan pengumpulan paper dilakukan dengan sistem online namun untuk pemberian penghargaan dilakukan di Nusa Dua, Bali. Pada pemberian pengharagaan di Bali diwakilkan oleh tiga anggota kelompok dan didampingi oleh satu dosen pembimbing. Pada ajang lomba tersebut Sebelum akhirnya melakukan pengiriman paper seluruh mahasiswa yang tergabung didalammnya berada pada satu kelompok Tugas Mata Kuliah hingga kemudian mereka memiliki ide dan inovasi untuk dapat mengangkat potensi lokal Balikpapan. Keseluruhan anggota tim telah menyusun laporan tugas kuliahnya dalam matakuliah Studio Perencanaan Kota yang dimana luarannya berupa poster yang pada dasarnya untuk bisa diikut sertakan dalam perlombaan. Dengan adanya kompetisi karya terbaik oleh ASPI, kami merevisi tampilan, data serta ide dan gagasan pada bagian yang dianggap tidak selinier dengan tujuan perencanan wilayahnya.

ASPI sendiri merupakan organisasi yang menjadi wadah untuk sekolah-sekolah perencanaan di Indonesia. Dimana dua tahun sekali, ASPI mengadakan ajang penghargaan untuk memberikan apresiasi kepada mahasiswa PWK di seluruh Indonesia yang memiliki karya studio perencanaan terbaik. Hal tersebut dilakukan untuk mewadahi gagasan generasi muda mengenai pengembangan perencanaan di Indonesia.

Alasan ke delapan mahasiswa mengikuti lomba tersebut adalah Untuk memberikan ide dan gagasan terkait penataan ruang, terutama dari Kota Balikpapan. Selain itu, ingin memberikan kontribusi kepada PWK ITK untuk pertama kali mendapatkan gelar karya terbaik oleh ASPI (Asosiasi Sekolah Perencanaan Indonesia). Persiapan dengan matang mereka lakukan sehingga akhirnya proses menyusun poster sebagai bahan yang dinilai dan materi paparan untuk menjelaskan maksud isi poster. Konsep yang dibawa tim PWK ITK adalah RDTR Kawasan Kota Baru Teritip yang diarahkan pengembangannya berdasarkan 4 aspek utama yang telah kami identifikasi  pada kawasan ini yaitu Perdagangan dan Jasa, Kawasan Industri, Pariwisata, serta Agrikultur dengan mempertahankan karakteristik dan eksisting wilayahnya. Berikut ini adalah karya Poster tim PWK ITK pada ajang studio perencanaan tata ruang oleh ASPI tahun 2021.

Kesan yang dapat mereka rasakan pada lomba kali ini ialah sangat bangga, terlebih untuk pertama kalinya PWK ITK dapat menjadi bagian dari karya terbaik ke III oleh ASPI, untuk harapannya terhadap mahasiswa PWK ITK aktif lainnya mencoba untuk diseriuskan kegiatan MK studionya, sehingga saat mengikuti paparan studio telah memiliki ide dan gagasan yang berkualitas dan siap untuk ikut serta dalam lomba, sehingga target yang dicapai tidak hanya untuk pemenuhan tugas kuliah namun dapat menjadi prestasi yang membanggakan.

Humas Institut Teknologi Kalimantan

Bagikan Yuk :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •