Belajar Manajemen Sumber Daya Perusahaan dari PT Telkom

The University of Tokyo Summer Internship Program in Kashiwa (UTSHIP Kashiwa)
20/12/2016
Kontes Robot Indonesia 2017
27/12/2016
Tunjukkan semua

Belajar Manajemen Sumber Daya Perusahaan dari PT Telkom

ITK News Office │ Kuliah Lapangan

Balikpapan – Warga akademik Institut Teknologi Kalimantan dari Program Studi Sistem Informasi (SI) melakukan kuliah lapangan (Kulap) ke kantor PT Telekomunikasi Indonesia Kantor Regional Balikpapan pada Selasa, 22 November 2016. Rombongan yang terdiri dari 28 mahasiswa SI angkatan 2013, 2014, dan 2015 ini dipimpin oleh dosen SI, Vinda Daningrum.

“Kami ingin mahasiswa belajar secara langsung penerapan konsep Enterprise Resource Planning (ERP) di sebuah perusahaan. PT Telkom adalah salah satu BUMN yang terbilang sukses menjalankan bisnisnya memanfaatkan ERP,” kata Vinda kepada humas ITK.

Menurut Vinda, kulap ini adalah bagian dari Mata Kuliah Perencanaan Sumber Daya Perusahaan yang dia ampu.  ERP merupakan salah satu keahlian yang harus dikuasai oleh seorang lulusan Sistem informasi. “Dalam pola pengajaran di ITK, kini mahasiswa dituntut untuk memahami betul bidangnya. Salah satu caranya dengan memperbanyak belajar di luar kelas melalui praktek dan kuliah lapangan,” ujar dosen lulusan National Taiwan University of Science and Technology ini.

Dosen kelahiran Magelang 24 tahun silam ini menjelaskan lebih jauh.

Ilmu manajerial yang notabene diajarkan pada Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen, juga dipelajari dalam Sistem Informasi. Manajemen Perencanaan Sumber Daya Perusahaan atau ERP merupakan sebuah sistem manajemen yang dirancang untuk mengkoordinasikan semua sumber daya, informasi, dan aktifitas atau proses yang dimiliki suatu organisasi, baik profit/entitas bisnis seperti perusahaan dan non-profit dalam menjalankan usahanya. Mengintegrasikan data dalam jumlah besar.

Sistem ERP, kata Vinda didasarkan pada database dan dijalankan dengan perangkat lunak modular. ERP mengintegrasikan semua departemen dan fungsi suatu perusahaan ke dalam satu sistem yang dapat melayani semua kebutuhan perusahaan, baik dari departemen penjualan/sales, material management, finance and controlling, human resource management, Customer Relationship Management (CRM), supply chain management, dan lainnya. ERP memudahkan semua departemen berbagi informasi dan berkomunikasi secara real-time.

“Ini adalah sistem manajemen yang telah diterapkan berbagai perusahaan dari skala nasional seperti Telkom, Sari Roti, Astra Internasional, hingga yang berskala internasional seperti Unilever,” kata Vinda.

Rombongan ITK diterima oleh Senior Manager Financial and Payment Collection PT Telkom, Arief Yulianto, dan Manager Financial Service, Septiana Rahmayanti. Arief dan Septiana mengajak rombongan berkeliling kantor Telkom untuk melihat cara kerja perusahaan Telekomunikasi milik bangsa ini. Salah satunya adalah sebuah ruangan bernama Regional Operation Centre (ROC). Arief mengatakan, ruangan yang dipenuhi layar TV dan dashboard tersebut berfungsi sebagai business intelligent unit, sistem pengambilan keputusan. “ROC ini dijalankan dengan menggunakan mekanisme ERP,” kata Arief.

Septiana menambahkan, dalam menerapkan ERP, Telkom menggunakan SAP sebagai perangkat lunak pendukung yang di-customize atau disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. “Istilah kerennya Telkom membuat aplikasi inhouse sendiri yang sifatnya open-source,” ujarnya.

SAP, menurut Septiana, merupakan aplikasi yang digunakan untuk memproses semua data yang diperlukan untuk mengelola semua sumber daya yang dimiliki oleh suatu perusahaan. “Menerjemahkan kebutuhan klien, dari bahasa operasional ke bahasa teknis yang mudah dipahami,” katanya.

kulap-telkom-2016-3

Kulap yang berlangsung hingga sore hari ini berlangsung hangat dan santai. Arief bahkan menawarkan mahasiswa ITK untuk melakukan Kerja Praktek (KP) di kantornya. Arief mengaku bahkan sangat senang jika nantinya lulusan ITK berminat bekerja di Telkom, karena selama SDM kantornya sebagian besar berasal dari Pulau Jawa.

“Semoga dengan adanya ITK, putra-putri terbaik daerah bisa mengisi kebutuhan tenaga ahli dan profesional di Telkom,” ujarnya.

RJP I Humas ITK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *