Detail Berita

Memperkuat Kerjasama Industri-Perguruan Tinggi: Kunjungan PT. Komatsu Indonesia ke ITK dalam Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

Humas ITK 19 Juli 2024 3.16
Example_News.webp

Bagikan Artikel Ini:

Balikpapan - 18 Juli 2024, Institut Teknologi Kalimantan menerima kunjungan dari PT. Komatsu Indonesia dalam acara yang bertujuan untuk menjalin kerjasama dalam Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Acara tersebut dibuka oleh Rektor ITK yang memperkenalkan institusi serta memberikan arahan mengenai potensi kerjasama yang dapat dikembangkan.

Pada kesempatan tersebut, Pak Pratjojo dari PT. Komatsu Indonesia memperkenalkan perusahaan serta menawarkan kolaborasi dalam membangun kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM), memperkenalkan teknologi terbaru, dan meningkatkan nilai bisnis. Program MBKM yang diajukan melibatkan partisipasi mahasiswa ITK dalam studi kasus nyata selama 4 bulan, yang dapat berlanjut hingga tahap pelaksanaan proyek dan dijadikan materi untuk Tugas Akhir serta sebagai sumber talenta potensial.

Selain fokus pada aspek teknis, Komatsu Indonesia juga menekankan pentingnya memahami budaya kerja berbasis budaya Jepang, serta kesempatan untuk bekerja sama dengan berbagai supplier perusahaan tersebut.

Diskusi kemudian dilanjutkan dengan penjelasan dari Koordinator Program Studi (KoPro) Teknik Mesin dan Teknik Industri mengenai kurikulum dan kompetensi yang diajarkan kepada mahasiswa, serta relevansinya dengan kebutuhan yang diinginkan oleh Komatsu Indonesia dan industri terkait. Khususnya, Program Studi Teknik Industri berbagi pengalaman magang di Komatsu Remanufacturing Asia, menyoroti kemampuan dalam proses remanufaktur alat-alat ringan yang saat ini masih dalam pengembangan.

Sebagai hasil dari kunjungan tersebut, Komatsu Indonesia dan ITK sepakat untuk melanjutkan kerjasama mereka melalui inisiasi Memorandum of Understanding (MoU) yang akan mencakup kerjasama dengan empat anak perusahaan Komatsu. Selanjutnya, kerjasama ini diharapkan dapat memayungi berbagai kegiatan di ITK, termasuk MBKM, penelitian, dan magang untuk dosen.

Berita Terbaru

Example_News.webp Berita

Seminar Teknologi PIN 2024: Meningkatkan Wawasan tentang Swarm Robot dan AI

Institut Teknologi Kalimantan (ITK) menjadi tuan rumah Seminar Teknologi PIN 2024 yang bertajuk "Swarm Robot dan AI untuk Text Recognizing". Seminar ini merupakan bagian dari rangkaian acara inti Pejuang Inovasi Nasional (PIN) 2024, diadakan di Ruang Audi

Example_News.webp Berita

Pekan Inovasi Nasional 2024: Lomba Pejuang Inovasi Nasional Mengguncang Dunia Teknologi Indonesia

Acara tahunan yang digelar oleh Program Studi Teknik Elektro ini mengusung tema "Digital Transformation In Building The Nusantara Toward Technology Era 5.0" dan diharapkan menjadi wadah bagi para mahasiswa Indonesia untuk menampilkan bakat dan ide cemerla

Example_News.webp Opini

Peranan CPNS dalam Menjaga Keutuhan NKRI: Pilar Keamanan di Era Modern

Dalam era digital yang penuh tantangan ini, kesiapsiagaan bela negara harus terus ditingkatkan melalui pendidikan, pelatihan, dan kesadaran akan ancaman global yang semakin kompleks. Sebagai abdi negara, CPNS diharapkan untuk siap mengabdikan diri demi ke

Arsip Berita
a few mins ago
Butuh Bantuan? Tanya Kami