Balikpapan – Institut Teknologi Kalimantan melalui mahasiswa melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN). KKN dilakukan oleh Kelompok 8E Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Jurusan Matematika dan Teknologi Informasi, Institut Teknologi Kalimantan yang di bimbingan langsung oleh Bapak Muliady Faisal, S.Si., M.Si.. menyelenggarakan kegiatan Pemberdayaan Karang Taruna Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara.
Adapun program kerja dari kegiatan KKN ITK bersama Karang Taruna Kelurahan Karang Joang yaitu sebagai berikut :
1. Sosialisasi Perkenalan & Perumusan Program Kerja Karang Taruna
Sosialisasi perkenalan dan perumusan program kerja bersama karang taruna ini, dengan melakukan sesi diskusi terbuka dengan masyarakat-masyarakat sekitar. Adapun hasil dari sesi diskusi terkait perumusan tujuan dari program kerja KKN bersama karang taruna adalah sebagai berikut :
a. Melakukan kegiatan yang bersifat sosial masyarakat pemberdayaan kepada masyarakat, untuk mensejahterakan masyarakat.
b. Melakukan kegiatan yang menghibur masyarakat karang joang tetapi tidak menimbulkan kerumunan, pada masa pandemi saat ini kita harus menjaga jarak dengan membatasi kegiatan yang mengundang banyak warga.
c. Melakukan kegiatan yang membangun kerukunan dan solidaritas warga karang joang karena kerukunan sangat penting untuk membangun wilayah yang aman tentram dan nyaman.
Dari solusi permasalahan diatas, maka direncanakan program kegiatan KKN bersama Karang Taruna di Kelurahan Karang Joang adalah Sosialisasi pengolahan sampah kepada masyarakat sekitar, Kreativitas Anak Usia Dini dan Berbagi Bantuan Sosial Panti Asuhan. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 18 November 2021 dan berlokasikan pada kediaman Aula Kantor Kelurahan Karang Joang.
2. Sosialisasi Pengolahan Sampah kepada Masyarakat Sekitar
Sosialisasi pengolahan sampah ini dilakukan kepada warga sekitar kelurahan karang joang, dengan mengenalkan dan menyadarkan kepada warga pengelolaan sampah harus dimulai dari sumbernya yaitu rumah tangga dengan memilah sampah berdasarkan jenisnya. Sampah organik bisa dijadikan bahan kompos dan selanjutnya anorganik itu bisa dijual ke bank sampah. Sosialisasi ini bertujuan agar pengurangan sampah di wilayah karang joang bisa teratasi dan tentunya menyelamatkan lingkungan dari limbah plastik. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 26 April 2022 dan berlokasikan pada kediaman RT. 043 Kelurahan Karang Joang.
3. Kreativitas Anak Usia Dini
Pemberdayaan kreativitas anak ini bertujuan untuk mencerminkan kelancaran, keluwesan, dan orisinalitas dalam berpikir serta kemampuan untuk mengembangkan pemikiran dan aktivitas. Kreativitas alami seorang anak usia dini terlihat dari rasa ingin tahunya yang besar. Pemberdayaan ini berupa, bermain bersama, kegiatan mewarnai serta mengajarkan anak mengenai ilmu pendidikan agama. Pada program kerja kegiatan tersebut pemberdayaan kreativitas anak ini bertujuan untuk mencerminkan kelancaran, keluwesan, dan orisinalitas dalam berpikir serta kemampuan untuk mengembangkan pemikiran dan aktivitas. Kreativitas alami seorang anak usia dini terlihat dari rasa ingin tahunya yang besar. Pemberdayaan ini berupa meningkatkan kreativitas dari anak-anak usia dini dengan mengadakan lomba mewarnai tingkat anak-anak dini. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 17 Mei 2022 dan berlokasikan pada Masjid Miftakhul Huda.
4. Berbagi Bantuan Sosial Panti Asuhan

Pada Program kerja kegiatan tersebut pemberdayaan masyarakat sekitar karang joang pada bulan Ramadhan ini bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di kelurahan karang joang yang dapat dipastikan kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mendorong dan menguatkan peran serta semua lapisan masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan memelihara kenyamanan dan kebersamaan pada lingkup lingkungan sekitar tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 05 Juni 2022 dan berlokasikan pada Panti Asuhan “Yaumiddin” Balikpapan Utara.

Diharapkan setelah kegiatan KKN ini selesai, Karang Taruna Kelurahan Karang Joang Balikpapan Utara dapat mengadakan kegiatan-kegiatan yang dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar nya. Dan juga, dengan adanya sosial media yang diberikan oleh tim KKN 8E ITK, diharapkan dapat meningkat eksistensi dari Karang Taruna Kelurahan Karang Joang.
Humas Institut Teknologi Kalimantan #KampusMerdeka

Bagikan Yuk :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •