Balikpapan – Institut Teknnologi Kalimantan melalui dosen yang lulus CPNS melakukan kegiatan LATSAR. LATSAR sendiri berlangsung di Puslatbang KDOD LAN Samarinda, 23 Mei – 7 September 2022. Tujuan dari diadakannya latsar tersebut adalah membangun integritas moral, kejujuran, semagat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab, dan memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang. Bentuk kegiatan yang dilakukan adalah Materi, Simulasi, dan Aktualisasi.

Keberhasilan seorang CPNS tidak dapat diukur dan dinilai hanya sampai ia lulus dalam Pelatihan Dasar CPNS saja. Tetapi justru keberhasilan sesungguhnya adalah pada saat ia kembali ke insititusi, karena yang menilai bukan hanya mentor, coach, fasilitator, narasumber, dan penyelenggara saja, tetapi dalam ruang lingkup yang lebih luas lagi seperti pimpinan, rekan kerja, dan lain-lain. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Puslatbang KDOD LAN Dr. Muhammad Aswad dalam sambutannya pada saat melepas secara resmi Pelatihan Dasar CPNS Angkatan XXIV pada hari ini, Kamis (7/9) di Ruang Auditorium Puslatbang KDOD. Aswad juga mengatakan bahwa seluruh peserta yang merupakan seorang dosen, harus bisa menjadi tenaga pendidik yang handal. “Kalau tenaga pengajar hanya menyampaikan apa yang diketahui, tetapi anda sebagai tenaga pendidik harus bisa menjadi role model bagi anak didik anda” tegas Aswad. “Di era sekarang ini, tuntutan jaman dan masyarakat semakin sulit dan bervariasi, era disrupsi terjadi tiba-tiba, dan kita harus bisa mengantisipasi segala kemungkinan untuk bisa menghadapi tuntutan di masa yang akan datang” imbuhnya lagi.

Diikuti oleh 40 orang peserta dengan profesi dosen, yang berasal dari berbagai macam perguruan tinggi seperti Universitas Tanjung Pura, Universitas Palangkaraya, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Mulawarman, Politeknik Negeri Balikpapan, dan Institut Teknologi Kalimantan. Terdapat hal yang mengembirakan pada pelaksanaan tersebut bahwa salah satu dosen ITK mendapatkan peringkat tiga terbaik dengan nilai tertinggi yaitu Irma Fitria, S.Si., M.Si. Dosen Statistika ITK.

Sejujurnya tidak pernah menyangka akan lulus dengan predikat sangat memuaskan bahkan meraih peringkat terbaik 3, karena pada masa mengikuti latsar, berbarengan dengan padatnya aktivitas dan tanggung jawab di Prodi Statistika, sehingga tantangan besar dalam memanajemen waktu, konsentrasi, dan menyelesaikan semuanya.. Tetapi, Alhamdulillah berkat dukungan dan doa keluarga, rekan2 dosen, dan banyak pihak lainnya, serta bimbingan dari mentor saya Prof. Muhammad Mashuri MT dan coach Ibu Veronika Hanna, semuanya bisa dilewati dengan hasil yang terbaik” Ungap Dosen Statistika tersebut. “Harapannya, semoga nilai-nilai berAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif) dapat selalu dijalankan dan memberikan kontribusi terbaik untuk kemajuan ITK” tutup beliau.

Humas Institut Teknnologi Kalimantan

#KampusMerdeka

Bagikan Yuk :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •