Surabaya – Sejumlah 27 orang dosen muda Institut Teknologi Kalimantan (ITK) Balikpapan dan 70 dosen ITS mengikuti pelatihan Program Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) yang diselenggarakan di ITS selama empat hari, 29 Juni – 2 Juli 2015. Pelatihan PEKERTI menjadi bekal berharga bagi para dosen muda karena dalam pelatihan ini disampaikan berbagai materi terkait dengan proses belajar-mengajar mulai dari menyusun capaian pembelajaran hingga praktek mengajar.

Pelatihan yang dilaksanakan oleh Pusat Pengembangan Pendidikan dan Aktivitas Instruksional (P3AI) ITS ini telah ada sejak 1992 silam. Namun, dikatakan Ketua P3AI Ir Syamsul Arifin MT, yang tercatat oleh mereka hanya sejumlah 13 kali. Lebih lanjut, jika pada pelatihan sebelumnya peserta hanya berjumlah 30 orang. Kini, peserta membludak menjadi 97 orang yang terdiri atas dosen muda ITS dan ITK. Hadirnya ITK dalam pelatihan ini sejalan dengan resminya kepindahan mahasiswa ITK dari ITS pada semester depan.

Kegiatan perkuliahan mahasiswa ITK akan sepenuhnya berlangsung di kampus Karang Joang, Balikpapan, Kalimantan Timur. Oleh karenanya, dosen pertama yang berjumlah 27 orang tersebut akan diberikan pelatihan terlebih dahulu sebelum memulai perkuliahan perdana. ''Terlebih kepada dosen muda, ini akan sangat berguna dalam membantu mereka dalam mendidik mahasiswa ITK,'' ucap Syamsul

Para dosen ITK berasal dari berbagai universitas ternama antara lain ITS, ITB, UI, UB dan beberapa universitas di luar negeri seperti Malaysia, Thailand, Taiwan dan Jepang. Selain itu, beberapa dosen senior yang merupakan alumnus universitas elit di Inggris dan Prancis, tidak diragukan lagi kemampuannya.

Dengan kesiapan proses pengajaran ini, mahasiswa ITK diharapkan mendapatkan transfer ilmu yang tak kalah baiknya dengan mahasiswa PTN lain.

(ash)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *