Balikpapan – Institut Teknologi Kalimantan melakukan Kegiatan Pengabdian masyarakat yang dikoordinir oleh KM ITK Kementerian Sosial Masyarakat. Kegiatan ini ditujukan untuk civitas akademik dan masyarakat umum untuk lebih peka dan memperhatikan isu lingkungan yang terjadi. Adapun kegiatan tahun ini diberi nama Green Campaign 4.0 dengan mengusung tema “Reduce Your Carbon Footprint” Tema ini diangkat dari isu lingkungan yang saat ini terjadi yaitu perubahan iklim ekstrim yang terjadi secara terus menerus.

Perubahan iklim sendiri terjadi akibat fenomena pemanasan global dengan meningkatnya gas rumah kaca (GRK) di atmosfer kita. Gas rumah kaca terdiri dari beberapa gas, salah satunya karbon dioksida yang dapat dihasilkan dari aktivitas sehari-hari manusia. Besaran emisi karbon dioksida yang dihasilkan dari aktivitas manusia sehari-hari disebut sebagai Carbon footprint (Jejak Karbon). Carbon footprint dihasilkan dari aktivitas manusia seperti penggunaan kendaraan, penggunaan energi listrik yang berlebihan hingga mengkonsumsi makanan. Konsentrasi carbon footprint yang semakin meningkat dapat menyebabkan kekeringan, berkurangnya sumber air bersih, timbul cuaca ekstrim, bencana alam, perubahan produksi rantai makanan, dan berbagai kerusakan alam lainnya. Oleh karena itu, Kementerian Sosial Masyarakat KM ITK tergerak untuk melakukan kegiatan Green Campaign 4.0 dengan mengkampanyekan pentingnya mengurangi carbon footprint yang dihasilkan.

Gambar 1. Pemberian Materi oleh Bu Yani dan Kak Yurizdiana

Green Campaign 4.0 memiliki dua rangkaian acara yaitu webinar dan kampanye. Webinar Green Campaign 4.0 membahas tentang tema kita yaitu “ Reduce Your Carbon Footprint ” yang diadakan pada Sabtu, 6 september 2021. Webinar Green Campaign 4.0 mempunyai dua topik pembahasan yaitu “ Mari mengenal Carbon Footprint “ yang dibawakan oleh Bu Chandra Suryani R, B.Sc., M.Sc. selaku Dosen Teknik Lingkungan ITK dan “ Let’s Reduce Your Carbon Footprint “ oleh Kak Syarifa Yurizdiana selaku PR dan Marketing Officer Zero Waste Indonesia.

Gambar 2. Kegiatan Webinar

Untuk Rangkaian Acara kedua yaitu Kampanye Green Campaign 4.0 yang mengangkat tema aksi Reduce Your Carbon Footprint dengan 4 sub tema yaitu, Save energy, Grow your own oxygen, Food Waste dan 5R (Reduce, Reuse, Recycle, Refuse, Rot). Kampanye Green Campaign 4.0 dilakukan selama 3 hari, hal ini dilakukan agar isu yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat pengguna sosial media, dimana kampanye menggunakan media platform Instagram. Pada kampanye hari pertama Selasa, 31 agustus 2021, dilakukan penyebaran poster dan foto aksi oleh peserta mengenai pengertian carbon footprint dan dampaknya. Pada hari kedua Kamis, 02 September 2021 peserta juga melakukan penyebaran poster dan foto aksi mengenai asal dari carbon footprint. Lalu pada hari terakhir Jumat, 10 September 2021, peserta mengupload video aksi tentang mengurangi carbon footprint sesuai dengan sub tema yang telah ditentukan.

Gambar 3. Kampanye Green Campaign

Harapannya dengan kegiatan Green Campaign ini civitas akademik ITK dan masyarakat umum dapat lebih memperhatikan isu lingkungan yang terjadi dan dapat memberikan wawasan kepada seluruh masyarakat terhadap isu lingkungan yang ada. Semoga kegiatan Green Campaign ini dapat berkesan bagi para peserta agar apa yang telah dilakukan dalam kegiatan ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-harinya sehingga dapat berdampak bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk mengikuti langkahnya. Serta kondisi bumi dapat terjaga dengan baik, Karena satu aksi dari kita akan menyelamatkan semua.

Humas Institut Teknologi Kalimantan

Bagikan Yuk :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •