Balikpapan – Institut Teknologi Kalimantan yang merupakan salah satu perguruan tinggi negeri di Kalimantan Timur siap menerima putra/putri terbaik dari seluruh Indonesia untuk bergabung menjadi bagian dari mahasiswa/i di kampus perjuangan Institut Teknologi Kalimantan. Mengingat ITK yang merupakan salah satu PTN maka ada namanya proses seleksi masuk, proses seleksi masuk tersebut adalah Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang mana proses ini sudah memasuki proses pengisian data. Tentunya ada fakta menarik dari SNMPTN ini, yaitu:

  1. Tanpa Tes/Ujian : SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan jalur masuk PTN yang tentunya berbeda dari jalur masuk lainnya. Jalur ini para siswa/i tidak membutuhkan tes ataupun ujian lagi. Jalur yang sering disebut jalur undangan tanpa tes.
  2. Seleksi Gratis : Jalur SNMPTN ini para siswa tidak dibebankan biaya pendaftaran saat melakukan pendaftaran SNMPTN.
  3. Persaingan Ketat : Persaingan ketat di SNMPTN bahkan dimulai dari sejak di sekolah dimana para siswa/i di rangking untuk yang eligible. Apa maksudnya siswa eligible? Siswa eligible adalah siswa yang dinyatakan layak mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022. Daftar siswa eligible ini sepenuhnya ditentukan oleh sekolah dan dapat dicek melalui laman LTMPT atau situs web Kemendikbud.  Keketatan pelamar SNMPTN 2021 dibandingkan dengan jumlah daya tampung kursi di PTN mencapai 18,56 persen.
  4. Lolos SNMPTN Tidak Bisa Mendaftar UTBK SBMPTN : Bagi siswa/i yang eligible mendaftar SNMPTN dan dinyatakan diterima maka tidak bisa lagi mendaftar UTBK SBMPTN. Oleh sebab itu saat mendaftar SNMPTN harus memperhitungkan baik-baik agar dapat lolos.
  5. Banyak Kemungkinan dan Pertimbangan : Jalur undangan tanpa tes ini tentunya merupakan jalur yang cukup sulit diperkirakan untuk masuk, karena banyak pertimbangan yang harus dilakukan. Hal apa saja yang harus diperhatikan misalnya, nila rapot, prestasi non akademik, sertifikat, akreditasi sekolah, rekam jejak lulusan sekolah asal, kondisi satu wilayah dengan PT, dan faktor lainnya. Jadi ingat jangan sampai salah pilih menentukan jurusan dan PTN pada SNMPTN.
  6. Fokus Dalam Pilihan : Tentukan program studi yang akan dipilih, serta mantapkan jangan sampai berubah-ubah. Jika sudah mantap kemudian bisa mempersiapkan karya/portofolio. Selain itu akan lebih fokus mencari tahu mengenai berapa kuota untuk program studi yang akan diambil di perguruan tinggi terpilih.

Pastikan Jadwal SNMPTN di akun LTMPT

More info PMB :
Website : pmb.itk.ac.id
Instagram : itk_official
Call Centre WA : 0811-5390-901 atau s.itk.ac.id/waitk
Email : humas@itk.ac.id

#KampusMerdeka

Humas Institut Teknologi Kalimantan

Bagikan Yuk :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •