ITK Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur SBMPTN

Balikpapan – Pada masa penerimaan mahasiswa baru 2016, Institut Teknologi Kalimantan (ITK) membuka tiga jalur masuk, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Penerimaan Mahasiswa Baru (SBMPTN), dan Ujian Mandiri ITK. Setelah jalur SNMPTN, ITK kini membuka pendaftaran melalui jalur SBMPTN.

Jika pada SNMPTN penjaringan didasarkan pada nilai raport siswa yang minimal berperingkat 10 persen terbaik di kelasnya, maka pada SBMPTN, semua siswa sekolah menengah atas─terlepas peringkatnya di kelas─dapat mengikuti. Seleksi ini didasarkan pada hasil ujian tertulis, dan ujian keterampilan (khusus bagi Program Studi Olahraga dan Seni). SBMPTN dapat diikuti oleh semua siswa SMA/MA/SMK/MAK yang telah lulus maksimal tiga tahun terakhir.

SBMPTN 2016 akan digelar menggunakan dua sistem, yaitu Paper Based Test (PBT) dan Computer Based Test (CBT). Baik pendaftaran PBT atau CBT dilakukan secara online melalui situs www.sbmptn.ac.id. Dibuka mulai 25 April 2016 pukul 08.00 WIB dan ditutup pada 20 Mei 2016 pukul 22.00 WIB. Biaya seleksi ditanggung oleh peserta sebesar dua ratus ribu rupiah, yang dibayarkan melalui Bank Mandiri atau BNI.

Informasi resmi termasuk tata cara pendaftaran lengkap dapat dilihat pada laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id.

ITK hanya menyelenggarakan ujian SBMPTN dengan sistem PBT. Ujian tertulis SBMPTN 2016 menggunakan sistem PBT direncanakan berlangsung serentak pada 31 Mei 2016. Sebagai Sub-Panlok Balikpapan, ITK merencanakan melakukan ujian ini di Kampus ITK Karang Joang, dan Gedung SMAN 9 Balikpapan. Pada tanggal yang sama, peserta SNMPTN 2016 yang lulus seleksi (alias jalur undangan) wajib datang ke Gedung KNPI Balikpapan untuk melakukan verifikasi fisik.

Setelah ujian tulis, peserta SBMPTN 2016 harus mengikuti ujian keterampilan. Namun ITK tidak menyelenggarakan ujian keterampilan ini karena tidak membuka Program Studi Olahraga dan Seni.

Pengumuman hasil seleksi akan dilakukan secara online melalui laman http://www.sbmptn.ac.id. Informasi kelulusan ini dapat diakses pada 28 Juni mulai pukul 17.00 WIB.

 

Pendaftaran Program Beasiswa Bidikmisi Jalur SBMPTN

Untuk bisa mendaftar Program Beasiswa Bidikmisi, maka calon peserta diharuskan mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Setelah mendapatkan rekomendasi, maka dapat melakukan pendaftaran Bidikmisi seperti ketentuan berikut ini

  1. Calon peserta Bidikmisi terlebih dahulu harus mendaftarkan diri ke situs resmi Bidikmisi, yaitu bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id
  2. Setelah mendaftar Bidikmisi dan dinyatakan memenuhi persyaratan maka Calon peserta penerima Bidikmisi akan memperoleh KAP dan PIN untuk mendaftar SBMPTN melalui alamat pendaftaran.sbmptn.or.id tanpa harus membayar biaya seleksi.
  3. Calon peserta Bidikmisi yang dinyatakan tidak diterima melalui jalur SNMPTN, dapat menggunakan KAP dan PIN yang telah dimiliki untuk mendaftar SBMPTN tanpa harus membayar biaya seleksi.
  4. Calon peserta Bidikmisi yang telah dinyatakan lulus melalui SNMPTN dan berkeinginan untuk mendaftar SBMPTN, maka PIN yang telah diperoleh dinyatakan tidak berlaku dan yang bersangkutan harus membayar biaya seleksi dengan menggunakan KAP yang telah diperoleh sebelumnya.

(Humas ITK. Diolah dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *