ITK Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri (UM ITK)

ITK Sukses Selenggarakan Ujian Tulis SBMPTN 2016
03/06/2016
Sharing & Discussion: A Moment with Ricky Elson
04/06/2016
Tunjukkan semua

ITK Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri (UM ITK)

Balikpapan – Setelah berhasil menyelenggarakan penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPTN dan SBMPTN, Institut Teknologi Kalimantan (ITK) akan membuka jalur Ujian Mandiri ITK (UM ITK).

Ketua panitia penerimaan mahasiswa baru, Jatmoko awali mengatakan UM ITK menjadi saluran alternatif bagi lulusan SMA/SMK yang sebelumnya tidak mengikuti SNMPTN maupun SBMPTN.

“Peluang terbuka lebar karena ITK akan menerima 300 mahasiswa baru dari jalur ini,” kata Jatmoko ketika ditemui Humas ITK, Jumat, 3 Juni 2016 di Kampus ITK Karang Joang, Balikpapan.

Pendaftaran UM ITK dibuka mulai 6 – 27 Juni 2016 secara online, melalui situs https://www.itk.ac.id. Ujian akan dilaksanakan pada 23 Juli 2016 di dua tempat, yakni di Kampus ITK Balikpapan, dan di SMK Negeri 1 Samarinda.

UM ITK merupakan ujian penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan secara lokal atau mandiri oleh ITK. Peserta UM ITK dapat memilih tiga dari sepuluh program studi yang ditawarkan ITK, yakni Teknik Sipil, Matematika, Fisika, Teknik Material dan Metalurgi, Teknik Perkapalan, Teknik Elekro, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Perencanaan Wilayah dan Kota, dan Sistem Informasi.

UM ITK berupa tes tertulis berisi 100 soal meliputi Fisika, Matematika, Bahasa Inggris, dan Tes Potensi Akademik (TPA).

Panitia penerimaan mahasiswa baru lainnya, Adrian Gunawan mengatakan, biaya kuliah bagi mahasiswa yang diterima dari jalur UM ITK terbilang lebih mahal dibandingkan dua jalur sebelumnya. “Akan ada  Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) yang besarnya berbeda setiap prodi, dan Uang Kuliah Tunggal (UKT) maksimal yakni sebesar 12 juta rupiah yang dibayarkan setiap semester,” kata Adrian.

Meski demikian, menurut Adrian, tidak ada perbedaan perlakuan bagi mahasiswa baru yang nantinya diterima di ITK melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, maupun Ujian Mandiri.

“Kami ingin putra-putri terbaik bangsa dapat berkuliah di ITK. Kami menawarkan pendidikan berkualitas di mana lulusan ITK akan mampu bersaing di level internasional. Ayo masuk ke ITK dan menjadi kebanggaan Kalimantan,” ujar Adrian yang merupakan dosen Teknik Kimia ini. (Humas ITK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *