Balikpapan – Institut Teknologi Kalimantan pada (Rabu, 19/01/21) hadir dalam kegiatan Kalimantan Universities Consortium (KUC). Kegiatan KUC berlangsung di Universitas Mulawarman dengan dihadiri oleh beberapa univesitas yang ada di Kalimantan. KUC pada tahun ini bertemakan “Memperkokoh Jejaring Kuc Melalui Implementasi Kampus Merdeka Menyongsong Pembangunan Kawasan IKN Sebagai Kebanggaan Kalimantan”. Kalimantan Universities Consortium (KUC) merupakan konsorsium yang dibentuk tahun 2015 sebagai hasil kesepakatan beberapa Universitas di Pulau Kalimantan. KUC merupakan adalah wadah komunikasi dan menjaring kerjasama antar universitas-uiversitas yang ada di Kalimantan dalam bidang yang berkaitan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Saat ini KUC beranggotakan delapan universitas yakni Universitas Tanjungpura, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Palangkaraya, Universitas Mulawarman, Universitas Borneo Tarakan, Universitas Balikpapan, Institut Teknologi Kalimantan, dan Politeknik Negeri Pontianak. Konsorsium tersebut telah sepakat untuk melakukan perjanjian yang dijalankan bersama seperti kegiatan internasional, pertukaran dosen dan mahasiswa, berbagi sumber daya, berbagi mitra, penelitian bersama, konferensi bersama dan sebagainya. KUC diharapkan dapat menciptakan hubungan timbal balik antara semua pihak yang terlibat di dalamnya. KUC juga mendukung program-program pembangunan demi kemajuan Kalimantan.

Adapun rangkain kegiatan pada KUC yang berlangsung pada rabu ini ialah :

  1. Sambutan dan Pesan dari Rektor Unmul (Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si.) dan sekaligus membuka kegiatan
  2. Sambutan dan orasi ilmiah (Peran Perguruan Tinggi di Kalimantan dalam persiapan IKN)
  3. Penandatangan MoU KUC (Seluruh Rektor anggota KUC)
  4. Pengenalan KUC dan Program Kerja KUC periode sebelumnya
  5. Penyampaian evaluasi dan gagasan dari Pokja A (IKU 1 -3)
  6. Penyampaian evaluasi dan Moderator gagasan dari Pokja B (IKU 4-6)
  7. Penyampaian evaluasi dan gagasan dari Pokja C (IKU 7-8)
  8. Penyampaian Resume hasil pembahasan seluruh Pokja
  9. Ramah tamah dan makan malam di Kapal Wisata “Pesut Mahakam”
Gambar Penandatanganan MoU Oleh Rektor ITK

Pertemuan Rektor dan jajaran terkait anggota KUC Tahun 2022 dimaksudkan untuk menyegarkan kembali maksud dan tujuan pembentukan KUC. Setelah lebih dari 5 tahun sejak ditandatanganinya kesepakatan di Palangkaraya, dirasakan perlu untuk melakukan evaluasi dan perencanaan untuk mengantisipasi perkembangan politik dan geopolitik perpindahan ibu kota negara ke Kalimantan.

#KampusMerdeka

Humas Institut Teknologi Kalimant

Bagikan Yuk :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •