Balikpapan – Institut Teknologi Kalimantan gelar ITK Open House sebagai bentuk perkenalan ITK kepada siswa/i yang akan mengikuti seleksi perguruan tinggi negeri. Dalam kegiatan ITK Open House tersebut ITK melakukan sosialisasi bagaimana proses seleksi SNMPTN dan SBMPTN. Pada sosialisasi tersebut turut hadir yaitu Prof. Dr. Budi Prasetyo selaku Ketu LTMPT 2022. LTMPT adalah lembaga pendidikan di bawah Kemendikbudristek yang bertugas menyelenggarakan tes untuk masuk perguruan tinggi bagi para calon mahasiswa. Adapun LTMPT ini bagian dari serangkaian alur yang harus diikuti calon mahasiswa baru yang ingin masuk PTN.

Fungsi LTMPT adalah sebagai berikut :

  1. Mengelola serta mengolah data para calon mahasiswa oleh rektor PTN sebagai bahan seleksi untuk jalur SNMPTN.
  2. Mengelola serta mengolah data para calon mahasiswa oleh rektor PTN sebagai bahan seleksi untuk jalur SBMPTN.
  3. Menyelenggarakan UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) SBMPTN yang terdiri dari TPS (Tes Potensi Skolastik) dan TKA (Tes Kompetensi Akademik) sebagai salah satu syarat seleksi untuk para calon mahasiswa  PTN untuk jalur SBMPTN maupun Mandiri.
  4. Memberikan informasi dari hasil UTBK SBMPTN terhadap para peserta atau calon mahasiswa dan PTN tujuan.

Prof Budi menyampaikan ITK merupakan salah satu institut masa depan Indonesia kedepannya dan merupakan PTN yang ikut serta dalam SNMPTN dan SBMPTN. Pada sosialisasi tersebut ikut disampaikan bahwa harus memperhatikan dan selalu update terhadap akun LTMPT nya, terlebih bagi siswa/i yang ikut serta dalam SNMPTN harus memperhatikan dalam permanen datanya. PDSS harus juga diperhatikan sebagai langkah awal dalam seleksi SNMPTN. Salah satu kriteria yang ditekankan kepada para siswa calon peserta tes SNMPTN 2022 adalah siswa tersebut harus bersifat eligible, sedangkan penetapannya dimulai pada tanggal 4 Januari – 8 Februari 2022. Siswa eligible akan dipilih sekolah untuk mengikuti SNMPTN 2022 sesuai dengan pemeringkatan nilai rapor dan prestasi.

SBMPTN merupakan singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. SBMPTN adalah jalur yang mengharuskan calon mahasiswa baru untuk mengikuti tes tertulis. Nantinya, nilai dari hasil mengerjakan ujian yang menentukan kamu diterima di perguruan tinggi negeri atau tidak. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT ) mengumumkan pada Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 akan terdiri 3 materi tes. Yakni Tes Potensi Skolastik, Tes Potensi Akademik dan Tes Bahasa Inggris.

Jadwal UTBK-SBMPTN 2022

  1. Registrasi akun LTMPT: 14 Februari-17 Maret 2022
  2. Sosialisasi UTBK-SBMPTN: 01 Desember 2021-15 April 2022
  3. Pendaftaran UTBK-SBMPTN: 23 Maret-15 April 2022
  4. Pelaksanaan UTBK Gelombang I: 17-23 Mei 2022
  5. Pelaksanaan UTBK Gelombang II: 28 Mei-03 Juni 2022
  6. Pengumuman hasil SBMPTN: 23 Juni 2022
  7. Masa unduh sertifikat UTBK: 25 Juni – 31 Juli 2022

Tentunya harus semangat dan selalu cek website LTMPT agar mendapatkan informasi terupdate mengenai pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN.

Humas Institut Teknologi Kalimantan

Bagikan Yuk :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •