Balikpapan – Institut Teknologi Kalimantan pada 30/09/2021 melakukan koordinasi perkuliahan ADik. Total ITK menerima jumlah 5 mahasiswa. Beasiswa ADik sendiri merupakan beasiswa yang diberikan oleh Kemendikbudristek untuk siswa asal Papua dan Papua Barat. Beasiswa diberikan dengan skema bantuan afirmasi secara penuh. Dalam hal ini baik untuk seleksi dan pembiayaan. Skema ADik ini sendiri, mahasiswa terpilih akan memperoleh bantuan biaya pendidikan yang dananya akan langsung dikirim ke perguruan tinggi. Mahasiswa juga akan memperoleh bantuan biaya hidup setiap bulannya selama menempuh pendidikan. Selain itu diberikan bantuan berupa biaya transportasi keberangkatan dari daerah asal ke perguruan tinggi. Mahasiswa yang diterima di ITK sendiri terdiri dari dua mahasiswa Teknik Sipil atas nama Adreson Jambuk arwan (Tambrauw, Papua Barat), Hendri Baransana (Manokwari, Papua Barat), Kemudian satu mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota yaitu Andreas Giyai (Deiyai, Papua), terakhir dari Program studi Teknik Mesin atas nama Jefri Jeaki Adolof Aropi (Manokwari, Papua Barat), dan Samuel Tedy Kayame (Paniai, Papua).

Gambar Pembukaan Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi

Dalam perkuliahan yang telah dilakukan ada beberapa kendala yang dialami kelima mahasiswa tersebut, seperti yang diungkapkan oleh Hendri “Untuk kendala saat melakukan perkuliahan sendiri terkadang kendala jaringan dan perlu penyesuaian dari SMA ke bangku perkuliahan”. Selain mahasiswa pada program ini berharap kegiatan perkuliahan nantinya akan dapat berjalan lancar.

Pada koordinasi pertama ini , yang langsung dibuka oleh ibu Nurul Widiastuti, S.Si., M.Si., Ph.D. selaku wakil rektor bidang akademik mengatakan “Berharap penerima beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi ini dapat berkarya serta menjadi pionir untuk daerah masing-masing”. Nantinya saat perkuliahan kembali normal dan kelima mahasiswa tersebut siap melakukan perkuliahan offline akan disediakan asrama mahasiswa sebagai tempat tinggal mereka. Bu Nurul juga mengatakan bahwa program ini merupakan salah satu program spesial serta istimewa dan perlu pendampingan ekstra dengan secara perlahan pada kelima mahasiswa tersebut, terlebih bagi bapak dan ibu dosen yang mengampu sebagai dosen wali. Amanah untuk menyampaikan visi dan misi yang perlu dilakukan dan demi terfasilitasinya seluruh mahasiswa pada program ADik.

Humas Institut Teknologi Kalimantan

Bagikan Yuk :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •