ITK MENGADAKAN LIVE STREAMING UTBK-SUMMIT 2020

Menjelang Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), Institut Teknologi Kalimantan menggelar live streaming menggunakan media youtube dan instagram pada Selasa 30 Juni 2020 Pukul 16.00 WITA. Live streaming ini bertujuan untuk mengedukasi calon mahasiswa ITK mengenai pelaksanaan UTBK dan Seleksi Mandiri Terpadu Institut Teknologi Kalimantan (SUMMIT ITK) di masa pandemi COVID-19. Sesi live streaming ini terbagi menjadi dua sesi yaitu sesi pertama dengan narasumber Ibu Oka selaku Koordinator Pelaksana UTBK ITK 2020 membahas mengenai Pelaksanaan UTBK 2020 di Kampus ITK dan pada sesi kedua membahas menggenai pelaksanaan SUMMIT 2020 .

“Hal-hal yang kami sampaikan sore ini, merupakan kebijakan LTMPT dan ITK sebagai Pusat UTBK yang ditunjuk untuk wilayah Balikpapan. Jadi bisa saja ada perbedaan dengan pusat UTBK di Tempat lain. Karena situasi dan kondisi yang berbeda”. Tegas Ibu Oka.

Berikut kami bahas mengenai Frequently Asked Question (FAQ) pada saat live streaming berlangsung.

  1. Sesi pertama pembahasan UTBK
  • Apa yang harus dilakukan pertama kali oleh Peserta UTBK yang melakukan Tes di ITK?

Jawaban :

  1. Update selalu Informasi dari Laman dan akun media sosial resmi ITK, LTMPT
  2. Baca dan pahami baik-baik
  3. Mencetak kartu pendaftaran (jikalau terkena perubahan jadwal)
  • Apa yang perlu dipersiapkan oleh Peserta UTBK yang melakukan Tes di ITK?

Jawaban :

  1. Tes dalam keadaan Sehat Fisik
  2. Mematuhi Protokol Kesehatan : Mencuci tangan, Jaga Jarak, Etika Bersin dan Batuk
  3. Wajib memakai APD berupa : Masker, Sarung tangan, faceshield (wajib berarti harus ada semua)
  4. Membawa Dokumen Pendukung : Identitas Diri (ada Foto dan Nama), SKL Asli (Stempel dan TTD basah) atau Ijazah Legalisir, Kartu Pendaftaran UTBK terbaru.
  • Bagaimana Prosedur UTBK di ITK?

Jawaban :

  1. Peserta telah diwajibkan menggunakan masker, sarung tangan dan faceshield
  2. Peserta wajib hadir 60 menit sebelum ujian dimulai
  3. Petugas mengarahkan peserta menuju parkir gedung B (area dropzone)
  4. Petugas mengarahkan peserta mencuci tangan di tempat yang telah disediakan.
  5. Petugas mengarahkan peserta menuju lobi Gedung B melalui tangga sebelah Timur.
  6. Peserta melakukan pengecekan kesehatan di meja pemeriksaan, dengan tetap melakukan physical distancing yang diatur oleh petugas.
  7. Peserta yang lolos pemeriksaan kesehatan bisa melanjutkan proses selanjutnya, peserta yang tidak lolos pemeriksaan cek kesehatan (suhu tubuh > 37,50C) tidak diperkenankan mengikuti ujian UTBK.
  8. Peserta yang tidak lolos pemeriksaan kesehatan melaporkan kepada panitia yang bertugas di meja pemeriksaan untuk bisa dijadwalkan ujian pada gelombang selanjutnya.
  9. Panitia mengarahkan peserta untuk menuju ruang tunggu Gedung B yang telah dikelompokan sesuai dengan ruang ujian masing – masing.
  10. Panitia mengarahkan peserta untuk menitipkan barang bawaan dan melihat nomor meja pada mading Gedung B dan langsung diarahkan menuju gedung A dengan hanya membawa Ijazah yang dilegalisir atau Surat Keterangan Lulus asli, kartu peserta, dan tanda pengenal (KTP, Kartu Pelajar, dll).
  11. Peserta diarahkan menuju ruang ujian 30 menit sebelum ujian melalui tangga bagian barat Gedung A diawali oleh peserta yang menggunakan ruangan paling timur hingga barat dan diatur jarak antar peserta ketika berbaris.
  12. Ujian dimulai.
  13. Ruang ujian telah diatur memiliki jarak 1,5 meter antar peserta.
  14. Peserta dilarang keluar ruang ujian.
  15. Ujian selesai.
  16. Peserta dipersilahkan meninggalkan ruang ujian melalui tangga bagian timur menuju Gedung A (bergantian per ruangan diawali dari ruangan yang paling timur dan seterusnya yang akan diatur oleh panitia).
  17. Peserta mengambil barang yang dititpkan di ruang penitipan barang gedung B dan menuju parkiran melalui tangga sebelah Barat.
  18. Peserta diminta meninggalkan kampus ITK
  • Perlukah memakai Faceshield ketika sudah memakai Masker?

Jawaban : Wajib memakai Masker, faceshield, dan sarung tangan.

  • Perlukah membawa Surat Kesehatan?

Jawaban : Hasil komunikasi dengan Satgas COVID Balikpapan : Untuk peserta yang berada di wilayah Kalimantan Timur tidak perlu. Juga untuk peserta yang berasal dari luar kalimantan timur yang telah berada di wilayah kalimantan timur setidaknya 14 hari sebelum tanggal 5 Juli 2020.

  • Bisakah di antar Orang tua ke kampus?

Jawaban : Bisa mengantar ke kampus, akan tetapi tidak bisa menunggu di area kampus. ITK hanya menyediakan area Dropzone.

  • Perlukah ke kampus mengecek Ruangan Ujian di H-1?

Jawaban : Tidak perlu. Saat hari H datang 60 menit sebelum ujian di mulai, dan akan diarahkan langsung oleh petugas.

  • Kenapa ada perbedaan jadwal, dari saat siaran pers LTMPT dengan Jadwal yang diterima setelah relokasi?

Jawaban : PDF yang ditampilkan oleh LTMPT saat siaran pers lalu merupakan hasil sementara jika di adakan 2 sesi. Setelah dilakukan simulasi oleh LTMPT mengenai relokasi, maka di dapatlah jadwal sebagaimana yang tercetak di kartu kalian. Jadi harus mengikuti yang mana? Harus MENGIKUTI JADWAL yang tercetak pada kartu

  • Saya ada kegiatan lain di waktu yang sama dengan jadwal tes UTBK saya yang baru? Bisakah ikut Gelombang 2?

Jawaban : yang dapat mengikuti Gelombang 2, berdasarkan keputusan LTMPT tentang relokasi di point 3 adalah : tidak dapat memenuhi syarat dari SATGAS COVID DAERAH. Sedangkan ITK tidak memiliki kondisi tersebut. Jadi semua peserta UTBK di ITK dapat mengikuti Tes UTBK pada Gelombang 1, sehingga Point 4 juga tidak berlaku di ITK sampai saat ini. Apabila ada peserta UTBK yang mengalami kendala force majeure atau syarat Satgas COVID Balikpapan, maka silakan melapor melalui email utbk@itk.ac.id.

 

  1. Sesi kedua pembahasan SUMMIT .
  • Apa itu SUMMIT?

Jawaban : Merupakan Jalur Seleksi mandiri Terpadu ITK Tahun 2020. Tahun lalu bernama Jalur Seleksi Mandiri ITK. Tahun 2020 ini berubah nama menjadi SUMMIT 2020.

  • Jalur Penerimaan SUMMIT?

Jawaban : 2 Jenis. Reguler dan Kemitraan

  • Syarat SMTA?

Jawaban : lihat di web itk.ac.id atau summit.itk.ac.id

  • Jadwal SUMMIT?

Jawaban : yang pasti akan ikut mundur sebagaimana jalur UTBK-SBMPTN yang juga mundur. Akan di informasikan kemudian. Update medsos dan website. Pembukaannya sudah di tanggal 21 Juni 2020

  • Alur SUMMIT?

Jawaban : mendaftar di website summit.itk.ac.id – membayar biaya pendfataran di bank Mandiri atau BNI – Menunggu Validasi Pembayaran 1×24 Jam – Upload Berkas (rapor) bisa langsung, UTBK menunggu hingga tanggal 20 Agustus (pengumuman Nilai UTBK dan SBMPTN) – Memilih Prodi – Seleksi dilakukan oleh ITK – Pengumuman – Daftar Ulang.

 

KNK|Humas ITK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *