ITK Mengadakan Sosialisasi Sistem Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2020

Balikpapan – Senin, 9 Desember 2019 dilaksanakan sosialisasi sistem seleksi masuk perguruan tinggi negeri tahun 2020 oleh Institut Teknologi Kalimantan yang bertempat di Ballroom Grand Jatra Hotel. Acara ini dihadiri oleh perwakilan siswa SMA dan guru BK di Kalimantan Timur serta Koor Prodi dan Kepala Jurusan Institut Teknologi Kalimantan.

Pada tahun 2020, pendaftaran SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN harus memiliki akun di LTMPT yaitu PDSS. PDSS merupakan basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan nilai rapor mahasiswa. PDSS mengakomodasi kurikulum nasional 2006 KTSP dan kurikulum 2013. Sekolah yang tidak menggunakan kurikulum nasional tidak diperbolehkan mendaftar PDSS.

Registrasi akun LTMPT dapat dilakukan di Portal LTMPT yang dapat diakses melalui lamaan LTMPT (https://portal.ltmpt.ac.id). Registrasi dan akun LTMPT untuk PDSS dan SNMPTN dilaksanakan pada tanggal 2 Desember 2019 hingga 7 Januari 2020 dan registrasi dan akun LTMPT untuk UTBK dan SBMPTN dapat dilakukan pada 7 Februari hingga 5 April 2020.

Adapun jalur dan kuota masuk PTN ialah 20% untuk SNMPTN berdasarkan nilai akademik saja atau nilai akademik dan prestasi lainnya yang ditetapkan oleh PTN, kemudian 40% untuk SBMPTN berdasarkan hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan oleh PTN, lalu 30% untuk seleksi mandiri yang dapat menggunakan hasil UTBK.

Terdapat pula stan setiap prodi di Institut Teknologi Kalimantan yang memungkinkan siswa untuk mengetahui lebih lanjut mengenai jurusan yang tersedia di Kampus ITK dan bertanya langsung terkait program studi yang diminati.

ZTN|Humas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *