ITK Raih Akreditasi B Institusi Dari BAN PT

Akreditasi ITK

ITK News I Akreditasi Institusi dan Program Studi ITK

Balikpapan – Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) menerbitkan Sertikat Akreditasi Institusi kepada Institut Teknologi Kalimantan (ITK) pada 12 Desember 2018. Berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 385/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2018 menyatakan bahwa Institut Teknologi Kalimantan Terakreditasi B. Sertifikat ini berlaku hingga 12 Desember 2023 atau mendapatkan evaluasi setiap lima tahun.

 

“Alhamdulillah. Semoga Allah SWT senantiasa memberi petunjuk dan rahmat-Nya kepada kita, melancarkan perjuangan kita untuk ITK dan Indonesia,” kata Prof. Dr. Ir. Sulistijono, DEA, Rektor ITK Periode 2014-2018.

 

Ini berarti hanya dalam kurun waktu empat tahun sejak institusi ini berdiri, dipimpin oleh Prof. Sulis dibantu segenap civitas akademika, ITK berhasil meraih prestasi tersebut.

 

Seperti diketahui, ITK adalah perguruan tinggi negeri baru (PTNB) yang resmi didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 6 Oktober 2014 melalui Peraturan Presiden RI No. 125 Tahun 2014 tentang Pendirian ITK sebagai PTNB bidang teknologi, dan berkedudukan di Balikpapan, Kalimantan Timur.

 

Akreditasi institusi dari BAN PT ini melengkapi akreditasi 10 prodi ITK yang beberapa bulan sebelumnya juga meraih akreditasi dari BAN PT. Sebelum meraih akreditasi dari BAN PT, Kemenristekdikti mengeluarkan surat keputusan SK Menristekdikti No. 65/M/Kp/III/2015 yang menyatakan bahwa sebagai perguruan tinggi negeri baru (PTNB), ITK langsung memperoleh akreditasi yang sifatnya anugrah (akreditasi khusus) “dinyatakan memenuhi persyaratan minimal”, untuk kemudian diurus agar mendapatkan akreditasi BAN PT, paling lama lima tahun sejak SK diterbitkan.

 

Ketua Tim Borang Akreditas Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) ITK, Adrian Gunawan mengucap syukur atas hasil tersebut. Usahanya dan rekan-rekannya dalam melengkapi berkas-berkas persyaratan akreditasi berbuah manis. “Ini bukan akhir, melainkan awal dari perjuangan kita membangun ITK,” ujar Dosen Teknik Kimia ITK tersebut.

 

Menginjak usianya yang keempat, Kampus ITK mengalami perkembangan yang pesat, yakni jumlah mahasiswa ITK saat ini sebanyak 3000 mahasiswa, 199 lulusan (lima kali wisuda), 164 dosen/pengajar, 50 tenaga kependidikan, 41 mitra kerjasama dalam dan luar negeri, dan 14 program studi ITK, yakni Teknik Lingkungan, Teknik Sipil, Teknik Material dan Metalurgi, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Perkapalan, Teknik Kelautan, Teknik Industri, Matematika, Fisika, Sistem Informasi, Informatika, Perencanaan Wilayah dan Kota, dan Teknik Kimia. Saat ini di lingkungan Kampus ITK sedang dibangun asrama mahasiswa ITK, dan beberapa gedung kuliah baru.

 

Tentunya kemajuan ITK saat ini merupakan hasil tangan dingin Rektor ITK Periode 2014-2018, Prof. Ir. Sulistijono, DEA, dan upaya bersama jajaran manajemen civitas akademika ITK. Demikian pula dukungan dari para stakeholders seperti orang tua mahasiswa, Pemerintah Provinsi Kaltim, Pemerintah Kota Balikpapan, pemerintah daerah, dan kalangan swasta industri.

Akreditasi Program Studi ITK oleh BAN PT (update per September 2018)

No. Program Studi Akreditasi Sertifikat Akreditasi
1. Matematika C Lihat Serifikat
2. Teknik Mesin B Lihat Serifikat
3. Fisika C Lihat Serifikat
4. Teknik Perkapalan C Lihat Serifikat
5. Teknik Kimia B Lihat Serifikat
6. Teknik Material dan Metalurgi B Lihat Serifikat
7. Perencanaan Wilayah dan Kota B Lihat Serifikat
8. Teknik Elektro C Lihat Serifikat
9. Sistem Informasi C Lihat Serifikat
10. Teknik Sipil B Lihat Serifikat
11. Informatika Akreditasi Khusus Kemenristekdikti Lihat Serifikat
12. Teknik Industri Akreditasi Khusus Kemenristekdikti Lihat Serifikat
13. Teknik Lingkungan Akreditasi Khusus Kemenristekdikti Lihat Serifikat
14. Teknik Kelautan Akreditasi Khusus Kemenristekdikti Lihat Serifikat

-end-

Ridho Jun Prasetyo I Humas ITK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *