Balikpapan – Institut Teknologi Kalimantan pada ( 01/12/21) secara resemi miliki gugus depan pramuka racana Sultan Aji Muhammad Sulaiman-Aji Ratu Shalbiyah Pangkalan Institut Teknologi Kalimantan. Kegiatan peresmian tersebut berlangsung di auditorium gedung laboratorium terpadu ITK.

Dapat diketahui bahwa gerakan pramuka adalah organisasi kepanduan nasional Indonesia sebagai lembaga pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepramukaan. Untuk mencapai tujuan gerakan pramuka tersebut diperlukan dukungan dan partisipasi aktif dari seluruh komponen, baik dari kalangan internal maupun eksternal gerakan pramuka. Institut Teknologi Kalimantan yang merupakan salah satu Perguruan Tinggi yang memperhatikan kegiatan pramuka tersebut, dan sebagai lembaga pendidikan dapat membentuk gugus depan yang berbasis satuan pendidikan, sebagaimana ditetapkan dalam Pasal 21 Undang-Undang RI Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, dijelaskan bahwa gugus depan berbasis satuan pendidikan dan gugus depan berbasis komunitas.

Kegiatan peresmian yang berlangsung tersebut terdiri dari beberapa rangkaian acara yaitu, pembukaan dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Hymne Pramuka. Kemudian upacara buka adat oleh pemangku adat Racana Institut Teknologi Kalimantan. Selanjutnya sambutan yang disampaikan oleh ketua pramuka ITK, pembina pramuka ITK, Kamabigus pramuka ITK (Prof. Budi Santosa Purwokartiko, Phd),

Kegiatan peresmian yang berlangsung tersebut terdiri dari beberapa rangkaian acara yaitu, pembukaan dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Hymne Pramuka. Kemudian upacara buka adat oleh pemangku adat Racana Institut Teknologi Kalimantan. Selanjutnya sambutan yang disampaikan oleh ketua pramuka ITK, pembina pramuka ITK, Kamabigus pramuka ITK (Prof. Budi Santosa Purwokartiko, Phd), ketua kwartir cabang Kota Balikpapan. Dilanjutkan pembacaan SK kepengurusan Mabigus dan dewan racana Pramuka Institut Teknologi Kalimantan. Serta acara pelantikan pengurusan Mabigus dan Dewan Racana Pramuka Institut Teknologi Kalimantan, dan pemotongan tumpeng oleh ketua Mabigus Institut Teknologi Kalimantan secara simbolis. Diakhir acara melangsungkan upacara tutup adat, do’a dan penutupan, kemudian foto bersama dengan memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku.

#KampusMerdeka

Humas Institut Teknologi Kalimantan

Bagikan Yuk :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •