ITK Siapkan Mahasiswa Jadi Agen Revolusi Industri 4.0

 

ITK News I Dies Natalis

Balikpapan Ahad, 28 November 2018, dalam rangka menyambut Dies Natalis ke-4, Institut Teknologi Kalimantan menggelar talkshow dengan tema Inovasi Eco-techology Menuju Revolusi Industri 4.0. Acara dengan format sarasehan ini menghadirkan pembicara Danang Rizki Ginanjar, S.T., M.B.A dan Jefri Yushendri, dihadiri oleh civitas akademika ITK, dan perwakilan dinas serta media partner yang dilaksanakan di Hotel Le Grandeur Balikpapan. Pembukaan acara dimulai jam 08.00 WITA dengan pembacaan doa lalu menyanyikan lagu Indonesia Raya. Acara dipandu oleh moderator yaitu Farid Nurrahman, S.T., M.Sc

Danang Rizki Ginanjar, staf khusus Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, yang juga Komisaris Utama INDI Group, mengatakan terdapat 10 prioritas nasional dalam inisiatif “Making Indonesia 4.0” yaitu perbaikan alur aliran barang dan material, desain ulang zona industri, mengakomodasi standar – standar keberlanjutan, memberdayakan UMKM, membangun infrastruktur digital nasional, menarik minat investasi asing, peningkatan kualitas SDM, pembangunan ekosistem inovasi, insentif untuk investasi teknologi dan harmonisasi aturan dan kebijakan.

 

Dilanjutkan dengan pemateri kedua yaitu Jefri Yushendri, co-founder – CTO INDI Technology, Co-founder Getcrew.Asia, dan Google Facilitator memaparkan bahwa tujuan bisnis adalah untuk menghasilkan keuntungan, tumbuh, dan bertahan. Untuk bisa bertahan di dunia bisnis jadilah seperti kecoa yang mana bisnis yang dapat hidup tanpa adanya profit, bergerak dengan cepat dan bersembunyi apabila ada ancaman serta beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

 

Acara dilanjutkan dengan tanya jawab. Pertanyaan menarik datang dari salah satu dosen ITK, “Bisnis apa yang dapat saya kerjakan di masa tua, yang tidak memerlukan tenaga yang banyak?” Pertanyaan tersebut sontak membuat audiens tertawa dan bertepuk tangan dikarenakan kebetulan beliau sebentar lagi akan pensiun.

 

“Untuk membangun bisnis memerlukan tim, ajak rekan-rekan Bapak sebagai partner bisnis, serta buatlah bisnis yang sesuai dengan passion bapak,” tegas Jefri Yushendri. Setelah tanya jawab berakhir, acara talkshow ditutup dengan penampilan paduan suara ITK.

-end-

Penulis : Kurnia Kasturi

Humas ITK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *