Balikpapan – Institut Teknologi Kalimantan berhasil mendapatkan Juara 1 pada ajang IPB National Paper Competition 2021. Juara tersebut diwakilkan oleh tiga mahasiswa Program studi Perencanaan wilayah dan kota yaitu, Khairi Ahza Hail Keliwar, Muhammad Anas Firdaus, dan Zumrotul Islamiah adapun mereka dibawah bimbingan Bapak Umar Mustofa, M. Sc. Pada kegiatan IPB National Paper Competition tersebut merupakan sebuah Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Essay yang diadakan oleh Institut Pertanian Bogor. Melalui kegiatan tersebut diharapkan mahasiswa dapat berkontribusi untuk membangkitkan pertanian terpadu Indonesia dan membantu sektor lain yang terdampak melalui pengembangan sumber daya lokal atau kebijakan pemerintah. Pada kesempatan kali ini tim dari Institut Teknologi Kalimantan mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah pada subtem IPTEK dengan judul karya yaitu “Pencegahan Degradasi Lahan Pertanian Melalui Aplikasi Lahanku (Studi Kasus : Kecamatan Samboja)”.

Pada inovasi Lahanku tersebut terdapat beberapa fitur yaitu fitur label yang berfungsi menampilkan fungsi pemanfaatan lahan, luasan dan kepemilikan lahan pertanian berdasarkan lokasi yang dipilih. Selanjutnya fitur tabel yang berfungsi menampilkan peraturan terkait lahan pertanian. Fitur Pengaturan yang berfungsi mengatur tampilan ukuran dan font tulisan serta tampilan warna pada aplikasi. Selanjutnya fitur informasi yang akan membantu pengguna dalam memahami penggunaan aplikasi dilengkapi dengan FAQ. Keunggulannya dari inovasi tersebut adalah mudah diakses, hemat kuota, dan pembaruan data yang terkini secara berkala.

Pada lomba tersebut ide inovasi ketiga mahasiswa tersebut dilatar belakngi oleh karena seiring berjalannya waktu dan atas usaha para peneliti di berbagai negara, vaksin Covid-19 sudah ditemukan. Namun dalam hal ini sebagian sektor yang terdampak adanya pandemi Covid-19 mulai pulih secara perlahan. Peran dari pemuda sebagai agent of change juga penting, melalui kreativitas dan inovasi yang dapat diimplementasikan untuk memperbaiki sektor pertanian terpadu di Indonesia pasca pandemi Covid-19. Berdasarkan pernyataaan tersebut, Kementerian Akademik dan Prestasi BEM KM IPB bermaksud menyelenggarakan kegiatan IPB National Paper Competition dengan tema “The Challenges of Recovering National Integrated Agriculture After Corona Pandemic” yang bertujuan untuk dapat menggali potensi dan menumbuhkan motivasi serta kontribusi mahasiswa dalam memulihkan kondisi sektor pertanian terpadu Indonesia melalui implementasi inovasi dan kreativitas.

Proses perlombaan tersebut dimulai dari pembukaan pada 12 Juli 2021 dan ditutup tanggal 26 Agustus 2021. Adapun pengumuman pemenang lomba disampaikan pada tanggal 31 Agustus 2021. Pendaftaran lomba dibuka dengan mengirim dokumen karya tulis ilmiah. Setelah itu, memasuki tahap seleksi karya untuk menentukan karya-karya yang lolos tahap berikutnya. Pada kegiatan ini presentasi karya digantikan dengan desain poster yang dikirim kepada panitia pelaksana melalui email. Desain poster menyumbang 30% untuk penilaian akhir lomba. Karya yang diikuti oleh tim dari Institut Teknologi Kalimantan berhasil keluar sebagai juara I pada kriteria Karya Tulis Ilmiah yang diumumkan pada tanggal 31 Agustus 2021.

Humas Institut Teknologi Kalimantan

Bagikan Yuk :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •