Balikpapan – Institut Teknologi Kalimantan berhasil meraih juara 2 Lomba Pembuatan Aplikasi dalam Rangka Hut Kota Balikpapan ke – 125 (Digitize Our City). Prestasi tersebut diraih oleh Ading Intan Aulia S (10191003 – SI), Christina Wulandari (10191019 – SI), dan Sadriansyah ( Alumni angkatan 2017 – SI), mereka dibawah bimbingan M.Gilvy Langgawan Putra, S.Kom.,M.MT.

Balikpapan merupakan salah satu Kota yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur. Kota ini sendiri dianggap sebagai kota penting di Kalimantan Timur dan dapat berkembang pesat, mencapai cita-citanya membentuk masyarakat madani, sejahtera, aman dan sentosa. Tentu saja perkembangan kota Balikpapan demi mencapai cita-citanya ini dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia kota Balikpapan, yang salah satu upayanya adalah pembangunan sarana dan prasarana pada bidang pendidikan. Semenjak adanya pandemi, proses pembelajaran pada sekolah-sekolah yang ada di Kota Balikpapan selama ini dilakukan dengan bantuan Google Classroom untuk pengumpulan berbagai tugas. Namun, Google Classroom dinilai tidak memberikan kepuasan tersendiri bagi pelajar, apalagi anak-anak dengan rentang usia 6-12 tahun dan tidak memotivasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar sehingga jiwa kompetitif dan motivasi belajar siswa selama masa pandemi ini turun bahkan mulai hilang. Sehingga hadirlah sebuah inovasi bernama KOMPEK (Komputerisasi Edukasi Sekolah Dasar Balikpapan) yaitu sebuah sistem yang dirancang untuk mempermudah proses pembelajaran pada Sekolah Dasar yang ada di Kota Balikpapan serta meningkatkan motivasi belajar dan jiwa kompetitif siswa dengan menggunakan metode Gamification.

Gambar Tampilan KOMPEK

Sebuah inovasi bernama KOMPEK (Komputerisasi Edukasi Sekolah Dasar Balikpapan) yaitu sebuah sistem yang dirancang untuk mempermudah proses pembelajaran pada Sekolah Dasar yang ada di Kota Balikpapan serta meningkatkan motivasi belajar dan jiwa kompetitif siswa dengan menggunakan metode Gamification. File data yang diperbolehkan digunakan pada sistem adalah file dengan ekstensi .jpg, .png, .docx, .pdf, .mp4, .ppt, .pptx, .rar, dan .zip. dan Aplikasi KOMPEK ini menggunakan platform bahasa pemrograman PHP, sehingga akses aplikasi KOMPEK hanya dapat dilakukan menggunakan browser seperti Google Chrome, Mozilla, Opera, Safari, Internet Explorer dan browser lain yang sejenis. KOMPEK memiliki beberapa fitur seperti fitur reward, challenge, dan ranking nilai, sehingga siswa dapat melakukan pembelajaran dengan cara yang lebih asik dan dapat melihat sejauh apa kemampuan mereka dibandingkan dengan siswa yang lain. Aplikasi kompek memiliki beberapa fitur, antara lain:

1. Sistem mampu memberikan fitur membuat kelas yang dapat digunakan guru untuk mengunggah materi, tugas, dan ujian.

2. Sistem mampu memberikan fitur buat materi dan tugas untuk guru serta fitur upload jawaban tugas untuk siswa.

3. Sistem mampu memberikan fitur membuat ujian untuk guru serta fitur mengikuti ujian untuk siswa.

4. Sistem mampu memberikan fitur-fitur gamification yang akan didapat siswa saat mengakses KOMPEK.

5. Sistem mampu menampilkan ranking nilai siswa pada setiap kelas yang akan selalu ter-update

Kesan dan Harapan selama mengikuti perlombaan ini, selaku TIM KOMPEK sangat bangga bisa ikut serta dalam memeriahkan Hut Kota Balikpapan Ke – 125 dan berhasil lolos sampai pada tahap pengumuman pemenang dengan membawa piala kebanggaan , dan tak lupa juga disini kami bertemu orang-orang hebat yang dapat menambah semangat kami dalam mengembangkan inovasi yg bermanfaat yg pastinya bisa digunakan suatu saat nanti , pengalaman ini merupakan suatu hal yang sangat berharga bagi kami. Harapannya, semoga kedepannya makin banyak inovasi dan ide ide cemerlang yang muncul dari teman-teman semua, serta dapat menjadi salah satu solusi dari permasalahan yang ada saat ini, terutama bagi kemajuan Indonesia.

#KampusMerdeka

Humas Institut Teknologi Kalimantan

Bagikan Yuk :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •