Mahasiswa ITK Berhasil Meraih Juara pada Lomba Desain Pelabuhan OCEANIA 2019

Balikpapan – Mahasiswa ITK mengambil peran dalam perlombaan OCEANIA (Ocean Innovation) 2019 yang diselenggarakan di Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulsel. Diselenggarakan pada tanggal 29 September 2019 – 2 Oktober 2019 dengan tema Inovasi kemaritiman dalam mewujudkan sukses negara maritim ini berlangsung meriah. Tim ITK 1 yang terdiri dari Ezra Sulu Mathius, Ainaya Fatikhah Rokhni, Muhammad Wahyu Ridwan berhasil meraih juara favorit dan Tim ITK 2 terdiri dari Fhanesya Trianggraeni Lestari, Muhammad Iksan Pawae, dan Erisa Hidayatil Huda berhasil meraih juara 3.

Kegiatan ini diadakan dengan tujuan untuk menyediakan wadah peserta dalam menuangkan gagasan, ide kreatif serta inovatif untuk pembangunan nasional di bidang infrastruktur perhubungan laut.

“Pertama, kami harus submit proposal dan gambar layout rancangan pelabuhan untuk penyisihan finalis, setelah lolos final kami diharuskan untuk mempresentasikan proposal juga maket dari desain pelabuhan yang udah dirancang di fakultas teknik UNHAS”, Ujar Erisa saat menjelaskan tahapan lomba.

“Perlombaan ini bisa dibilang sebagai perlombaan pertama yang diikuti dimana keseluruhan anggota tim merupakan mahasiswa Teknik Kelautan ITK, sehingga piala-piala yang kami peroleh ini tidak hanya untuk kampus tapi juga untuk prodi. Pengalaman pertama ini juga menjadi tantangan besar untuk kami karena kami merupakan peserta yang paling muda diantara peserta dari perguruan tinggi lain terlebih lawan kami merupakan perguruan tinggi besar seperti ITB dan UNHAS”, Ucap Erisa.

“Tentu saja kami mau OCEANIA kembali diadakan tahun depan dan seterusnya, ajang perlombaan ini bisa menjadi salah satu wadah untuk menunjukkan eksistensi ITK dikancah nasional”, Erisa.

Pada acara ini mahasiswa ITK dapat bertemu dengan mahasiswa dari perguruan tinggi lain sehingga bisa bertukar pengalaman dan menjalin relasi dengan mereka, terlebih berasal dari rumpun prodi yang sama yaitu teknik kelautan.

 

ZTN|Humas

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *