Balikpapan – Mahasiswa Teknik Sipil Institut Teknologi Kalimantan atas nama Samuel Dharmawan telah mengikuti kegiatan PMMB. Kegiatan PMMB merupakan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB), program ini diselenggarakan oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI) bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Dalam rangka mendukung kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah bekerjasama dengan berbagai pemangku kepentingan, sebagai contoh adalah Nota Kesepahaman dengan Kementerian BUMN terkait Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) yang dapat dilakukan mahasiswa selama 1 hingga 2 semester. Pada PMMB Batch 1 2021 mahasiswa ITK menjadi salah satu yang berkesempatan dalam kegiatan tersebut. Adapun Samuel mendapatkan pengalaman magang pada bulan Maret-Agustus 2021 pada perusahaan PT Pelabuhan Indonesia III atau PT Pelindo III (Direktorat Teknik, Subdit Supervisi Investasi Teknik).

Melihat sekilas perusahaan PT Pelindo III merupakan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) yang juga dikenal dengan Pelindo III sendiri adalah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam bidang jasa kepelabuhanan. Tugas, wewenang, dan tanggung jawab Pelindo III mengelola 43 pelabuhan yang tersebar di 7 provinsi yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur, serta memiliki 23 anak perusahaan dan afiliasi. Pelindo III menjalankan bisnis inti sebagai penyedia fasilitas jasa kepelabuhanan yang memiliki peran kunci guna menjamin kelangsungan dan kelancaran angkutan laut.

PMMB Pelindo III Gelombang 1 tahun 2021 diikuti oleh 73 peserta dari 25 perguruan tinggi di kota Surabaya, Gresik, Blitar, Malang, Jember, Semarang, Surakarta, Banjarmasin, Sumbawa, Samarinda,dan Balikpapan. Dari kegiatan tersebut terdapat evaluasi akhir yang harus dilakukan oleh mahasiswa yang tergabung didalamnya. Pada kegiatan tersebut salah satu mahasiswa ITK berkesempatan merasakan program magang tersebut. Setelah berjalan enam bulan program ini, diakhir kegiatan pemagangan dilakukan pemaparan (E-Test) terkait inovasi ataupun usulan untuk mengatasi permasalahan yang ditemukan selama kegiatan magang. Patut Bersyukur Samuel saat mempresentasikan hasil kinerjanya tersebut mendapatkan penghargaan untuk kategori Best E-Test. Diharapkan hal ini menjadi motivasi seluruh mahasiswa ITK untuk aktif dalam kegiatan Kampus Merdeka dan terus bersemangat dalam berprestasi.

HUMAS Institut Teknologi Kalimantan

Bagikan Yuk :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Skip to content