MAHASISWA ITK RAIH JUARA 1 POSTER DI MAPAGAMA UGM

ITK News– Mahasiswa Institut Teknologi Kalimantan Purris Rachelina Girsang Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, berhasil meraih juara 1 dalam kompetisi Poster Nasional yang diadakan oleh Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Gadjah Mada (MAPAGAMA) melalui Badan Pengembangan Wanamapa (BPW) mengadakan lomba Nasional bertajuk “Mapagama Mini Competition”.

Mapagama Mini Competition merupakan ajang perlombaan tingkat nasional yang mengusung tema “Literasi Lingkungan Ala Milenial”.  Dengan tujuan untuk meningkatkan partisipasi dan kesadaran millenial dalam menjaga kelestarian lingkungan dan alam.

“Kegiatannya ada webinar tentang pelestarian alam dan lingkungan, kemudian dibuka kompetisi nasional tingkat S1 dan SMA dengan 3 kategori lomba. Ditutup dengan pengumuman pemenang tiap kategori via Live Youtube” Tegas Purris.

Dalam posternya Purris mengangat tema  penyelamatan kebebasan Orangutan karena ia merasa sebagai orang yang tinggal di tanah Borneo seharusnya ia membuat gerakan peningkatan awareness kebebasan terhadap orangutan.

“Alasan terbesar mengambil topik kebebasan orangutan karena keberlangsungan endemik indonesia ini memang jadi concern saya dan juga Orangutan merupakan salah satu primata paling cerdas yang mendiami Kalimantan dan Sumatera. Sayangnya, orangutan kini berstatus terancam punah dalam Konvensi Perdagangan Internasional Tumbuhan dan Satwa Liar Spesies Terancam, di mana diperkirakan tersisa 14.613 individu orangutan sumatera dan kurang dari 800 individu orangutan tapanuli di alam liar. Dengan status tersebut, perdagangan spesies orangutan dilarang keras oleh hukum internasional. Meski begitu, masih banyak aktivitas ilegal seperti perburuan liar yang membuat populasi orangutan terus terancam. Apalagi saya tinggal di tanah Borneo yang juga adalah habitat asli orangutan Kalimantan, sudah seharusnya saya membuat gerakan peningkatan awareness kebebasan orangutan melalui karya” Ucap Purris.

Purris memaparkan bahwa ia sangat bangga bisa berpartisipasi dalam acara yang bertemakan lingkungan. Ia berharap melalui karyannya ia dapat meningkatkan awareness kepada seluruh manusia dalam menjaga kelestarian bumi dan endangered flora fauna.

Tim Humas|KNK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *