Berkontribusi dan Menyentuh Masyarakat, Program Studi Matematika Institut Teknologi Kalimantan Melakukan Berbagai Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat

 

ITK News I Pengabdian Masyarakat

Balikpapan – Program Studi Matematika Institut Teknologi Kalimantan (ITK) secara rutin melaksanakan program pengabdian Masyarakat sebagai salah satu upaya untuk menjalankan Tri Dharma Perguruan tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada Masyarakat. Pada tahun ini, program pengabdian masyarakat terbagi menjadi empat kegiatan yang semuanya berfokus pada bidang pendidikan. Kegiatan ini dilaksanakan oleh tim dosen dan mahasiswa Program Studi Matematika.

 

Program pengabdian masyarakat diawali dengan pembelajaran matematika dengan media permainan UNO yang dilaksanakan pada bulan April-Mei 2018. Kegiatan ini melibatkan siswa kelas 3 SDN 027 Balikpapan Utara. Kartu UNO yang digunakan merupakan hasil modifikasi mahasiswa ITK di mana untuk mengetahui nilai dari suatu kartu, pemain terlebih dahulu harus menyelesaikan operasi dasar matematika yang terdapat pada tiap kartu. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dibina langsung oleh Dosen Matematika, Indira Anggriani, S.Si., M.Si ini bertujuan untuk meningkatkan antusiasme siswa dalam mempelajari matematika yang selama ini dianggap sebagai pelajaran yang sulit. Di samping itu, permainan UNO juga diharapkan dapat memberikan manfaat untuk mengasah konsentrasi, daya ingat, mengenalkan konsep bentuk dan warna, serta mengajarkan siswa mengenai aturan dan kedisiplinan.

Mahasiswa Prodi Matematika Mendampingi Siswa SDN 027 Balikpapan Utara Bermain UNO

Kegiatan pengabdian masyarakat yang selanjutnya adalah program pengelolaan perpustakaan dan peningkatan minat baca serta kreativitas siswa. Kegiatan ini dilaksanakan di SDN 026 Balikpapan Utara dengan sasaran seluruh siswa kelas 1 hingga 6 SD. Berdasarkan hasil diskusi dengan pihak sekolah, diadakan acara bertajuk “Sosialisasi Pentingnya Membaca Buku” pada 19 Mei 2018 bertepatan dengan Hari Buku Nasional. Dalam acara ini terdapat serangkaian agenda yang meliputi: sosialisasi pentingnya membaca buku oleh Wakil Rektor Bidang Akademik ITK, Subchan, Ph.D, lomba menulis puisi, lomba story telling, dan lomba mewarnai dengan teknik mozaik. Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan minat baca dan kreativitas siswa sejak dini. Di samping itu, hasil karya siswa berupa puisi dan gambar yang telah didokumentasikan dan disimpan di perpustakaan sekolah diharapkan dapat menjadi apresiasi dan motivasi bagi siswa untuk gemar ke perpustakaan.

Kegiatan Sosialisasi Pentingnya Membaca Buku

Kegiatan pengabdian masyarakat selanjutnya pada tahun ini adalah Program Studi Matematika bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Balikpapan mengadakan pelatihan aplikasi Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) yang ditujukan bagi staf analis data Dinas Kesehatan dan Puskesmas di Kota Balikpapan. Acara ini diadakan pada 30 Juli 2018 dan diikuti oleh 30 peserta. Sebagai pemateri adalah Dosen Matematika ITK, Riki Herliansyah, S.Stat, M.Stats yang membawakan materi terkait statistika dasar dan operasi dasar SPSS. Dalam acara ini, setiap peserta dibekali dengan modul Operasi Dasar SPSS yang disusun oleh tim dosen Matematika ITK dan didampingi asisten dari mahasiswa Matematika.

Pelatihan SPSS di Dinas Kesehatan Kota Balikpapan

Acara ini mendapat sambutan yang luar biasa dari seluruh peserta. dr. Elisabeth Rassi, Kepala Sub Bagian Program Dinas Kesehatan Kota Balikpapan menyatakan,”Kegiatan semacam ini sangat penting sekali untuk menunjang kemampuan staf pengelola data kesehatan di Balikpapan”. Lebih lanjut dr. Elisabeth berharap agar kegiatan semacam ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutan dengan paket materi lengkap sehingga peserta bisa benar-benar menguasai ilmu pengolahan data, khususnya menggunakan software SPSS.

 

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat selanjutnya adalah “Training for Coach” yang diselenggarakan oleh BiOS (Balikpapan Youth Science) Club, suatu organisasi yang bergerak dalam pembinaan remaja yang gemar dalam kegiatan keilmiahan. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 23 September 2018 dengan mengundang dosen sekaligus Koordinator Program Studi Matematika ITK, Sigit Pancahayani, S.Si., M.Si, selaku  di SMA IT Al Auliya, Balikpapan.

Pelatihan Mentor Keilmiahan oleh Program Studi Matematika dan BiOS Balikpapan

Dalam acara ini, peserta hadir dari berbagai level pendidikan, mulai dari siswa SMA, mahasiswa, dan alumni dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Materi yang disajikan pada kegiatan ini adalah tahapan dan langkah-langkah yang harus dilakukan oleh mentor (coach) dalam membina kelompok ilmiah yang dipegangnya.

 

Sebetulnya, acara ini bukan yang pertama dilakukan oleh BiOS dan Prodi Matematika ITK. Pada tahun sebelumnya telah dilakukan pula suatu pembinaan untuk siswa di SMKN1 Balikpapan dalam rangka mengenalkan bentuk karya ilmiah remaja.

-end-

Penulis: Nashrul Millah, S.Si., M.Si.

Kontributor: Dosen Prodi Matematika

Humas ITK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *