Mengenal Kapal Melalui Kuliah Lapangan

ITK News I Kuliah Lapangan

Balikpapan – Program Studi Teknik Kelautan Institut Teknologi Kalimantan (ITK) mengadakan kuliah lapangan yang bertempat di PT. Meranti Nusa Bahari, Kariangau, Balikpapan pada 10 November 2018. PT. Meranti Nusa Bahari merupakan perusahaan yang bergelut di bidang reparasi kapal. Saat ini, perusahaan ini juga mulai merambah pada jasa pembuatan kapal.

 

Pada kuliah lapangan ini mahasiswa Teknik Kelautan dibagi menjadi empat kelompok besar. Setiap kelompok didampingi oleh empat pekerja dari pihak PT. Meranti Nusa Bahari, yaitu Tri Sukrisna Wisnawa, Rio Hermawan, Aris Wicaksono dan Ferdy Naranda. Keempat pendamping tersebut merupakan alumni Teknik Perkapalan dari Institut Sepuluh Nopember (ITS) dan Institut Teknologi Kalimantan (ITK).

Gambar 1. Proses Briefing dari Para Pendamping kepada Mahasiswa

Semua kelompok mahasiswa diajak mengelilingi lokasi kerja PT. Meranti Nusa Bahari. Pada saat mengelilingi lokasi pekerjaan, pendamping memberikan penjelasan dan wawasan baru mengenai perkapalan. Seperti proses pengecatan badan kapal, proses reparasi kapal dan masa ideal reparasi, harga dalam sekali proses perbaikan, dan ilmu bermanfaat lainnya.

Gambar 2. Mahasiswa Teknik Kelautan ITK Angkatan 2018 beserta Pendamping dari PT. Meranti Nusa Bahari

Dengan kuliah lapangan ini pula,  mahasiswa Teknik Kelautan yang merupakan calon engineer mendapat gambaran nyata dunia kerja yang akan mereka hadapi di masa mendatang. Selain mendapat ilmu dan gambaran mengenai dunia kerja, imbas dari kuliah lapangan juga menimbulkan adanya relasi antara pihak mahasiswa dan para kakak tingkat terdahulu yang bekerja di PT. Meranti Nusa Bahari.

-end-

Penulis: Luh Putri Adnyani

Humas ITK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *