Partisipasi ITK Dalam CommTECH Integrated Initiative 2018

ITK News I EPI UNET

Surabaya – Community and Technology (CommTECH) Integrated Initiative 2018 merupakan program tahunan yang diselenggarakan ITS International Office sebagai upaya pembekalan mahasiswa dalam menyikapi pengaruh globalisasi. Program tersebut melibatkan mahasiswa internasional dan mahasiswa Indonesia dari perguruan tinggi EPI-UNET (Eastern Part of Indonesia University Network). ITK tergabung sebagai perguruan tinggi anggota konsorsium EPI-UNET sehingga mendapat penawaran untuk mengikuti program ini.

Saya, Nindita dari program studi Teknik Kimia ITK 2015 berkesempatan untuk mengikuti program yang berlangsung dari tanggal 15-20 November 2018 tersebut. Program CommTECH Integrated Initiative terdiri dari sesi penyampaian materi, sesi diskusi, sesi games untuk melatih kemampuan berbahasa asing, serta diakhir program ada sesi presentasi dengan teknik 3 Minutes Idea Presentation. Materi yang diberikan tidak hanya membuka wawasan saya mengenai globalisasi, tetapi juga pembekalan diri tentang bagaimana menulis CV, professional letter, dan email yang tepat sebagai persiapan setelah lulus dari studi sarjana.

Program yang berlangsung di Ruang Sidang Utama Gedung Direktorat ITS tersebut juga menyadarkan saya pentingnya internasionalisasi di lingkungan kampus. ITS IO mengajak peserta dari perguruan tinggi Indonesia timur untuk sama-sama membangun kampusnya dalam hal internasionalisasi. Dengan demikian, kampus-kampus Indonesia dapat menarik minat mahasiswa asing untuk melakukan studi di Indonesia sehingga kampus di Indonesia dapat diakui dunia.

Sungguh, ini merupakan pengalaman yang sangat berharga buat saya, memperoleh materi yang belum tentu akan saya dapatkan dikemudian hari dan bisa menjalin relasi dengan banyak mahasiswa dari daerah timur Indonesia serta mahasiswa dari Timor Leste yang sedang menempuh studi S1 di ITS. Saya betul-betul tersadar akan pentingnya internasionalisasi di lingkungan kampus, mengingat pada tahun 2020 Indonesia direncanakan tergabung dalam World Trade Organization. Apa persiapan kita untuk menghadapi persaingan ini?

Mari kita awali dari lingkup kampus kita dahulu. Tunjukkan kepada dunia bahwa ITK punya bayak karya teknologi hebat yang sejalan dengan tren Revolusi Industri 4.0. ITK GOES GLOBAL!

-end-

Penulis: Nindita Cahya Kusuma

Humas ITK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *