Pengabdian Kepada Masyarakat “Pelatihan Pemodelan Kapal (CAD) dan Penulisan Karya Tulis Ilmiah” Oleh Program Studi Teknik Perkapalan Institut Teknologi Kalimantan

ITK MENGADAKAN LIVE STREAMING UTBK-SUMMIT 2020
06/07/2020
PERUBAHAN KALENDER AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN ITK TA 2020/2021
10/07/2020
Tunjukkan semua

Pengabdian Kepada Masyarakat “Pelatihan Pemodelan Kapal (CAD) dan Penulisan Karya Tulis Ilmiah” Oleh Program Studi Teknik Perkapalan Institut Teknologi Kalimantan

Program Studi Teknik Perkapalan Institut Teknologi Kalimantan aktif melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat yang hasilnya langsung diaplikasikan dan bermanfaat bagi masyarakat. Program Studi Teknik Perkapalan Institut Teknologi Kalimantan tidak ingin hanya menjadi “menara gading” ilmu pengetahuan saja tapi juga berani turun mengabdi pada masyarakat sesuai dengan Tridharma Perguruan Tinggi.

Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan oleh Program Studi Teknik Perkapalan Institut Teknologi Kalimantan ini merupakan agenda setahun sekali yang diselenggarakan oleh Program Studi Teknik Perkapalan. Melalui program pengabdian kepada masyarakat, Program Studi Teknik Perkapalan Institut Teknologi Kalimantan telah sukses menggelar kegiatan pada Senin (13/4/2020) lalu di Aula SMK Pangeran Antasari Balikpapan. Kegiatan yang berbentuk Pelatihan Pemodelan Kapal (CAD) dan penulisan karya tulis ilmiah ini dilaksanakan agar siswa di SMK Pengeran Antasari Balikpapan mempunyai skill tambahan yang berguna bagi mereka saat mereka memilih untuk bekerja profesional dan juga memberikan siswa di sekolah tersebut sudut pandang yang lain, yaitu motivasi untuk melanjutkan studi ke tingkat yang lebih tinggi, dalam hal ini ke tingkat Sarjana.

Pelatihan Permodelan Kapal (CAD) dan penulisan karya ilmiah ini merupakan kegiatan yang pertama kalinya dilaksanakan di SMK Pangeran Antasari. Sebelumnya, kegiatan pelatihan seperti ini belum pernah dilaksanakan di sekolah kejuruan yang terletak di tengah Kota Balikpapan ini. Pelatihan ini melibatkan dosen Teknik Perkapalan yang terdiri dari Amalia Ika Wulandari, S.T., M.T., Alamsyah,S.T.,M.T., serta Koordinator Program Studi Teknik Perkapalan, Taufik Hidayat, S.T.,M.T., AMRINA.  Selain melibatkan dosen-dosen dalam kegiatan ini, beberapa mahasiswa Teknik Perkapalan pun ikut aktif dalam membantu terlaksananya program ini antara lain Aknul Ciptiandi, Erwinsyah, Christian Hendra, Muhammad Yusuf Ismail, Muhammad Cahyo Nugroho, Dimas Putra, Muhammad Kamil, Amrina Rosyada, Irfan Fadillah, Reski, dan Putri Candra.

Pelatihan yang dilaksanakan di Aula SMK Pangeran Antasari Balikpapan ini dihadiri oleh 15 orang peserta yang merupakan perwakilan dari masing-masing jurusan di sekolah tersebut. Kegiatan ini diawali dengan sambutan yang dilakukan oleh Ibu Amalia Ika Wulandari, S.T., M.T., selaku ketua kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan dilanjutkan dengan sesi pelatihan yang dibagi menjadi dua sesi. Pada sesi pertama dijelaskan mengenai materi dasar tentang CAD dan pemodelan, sementara untuk sesi kedua merupakan pelatihan penulisan karya tulis ilmiah.

Kegiatan pelatihan yang pertama mengenai materi dasar tentang CAD dan pemodelan dijelaskan langsung oleh mahasiswa Teknik Perkapalan, yaitu Aknul Ciptiandi, Muhammad Yusuf Ismail, dan Muhammad Cahyo Nugroho. Pada sesi ini, pemateri memberikan penjelasan pengenalan CAD dan materi pengantarnya kemudian pengenalan ukuran utama kapal (Principal Dimension) serta memodelkan bentuk gambar sederhana pada CAD. Para peserta di sesi ini dapat mempraktikkan langkah-langkah permodelan gambar dengan CAD yang dipandu langsung oleh pemateri, sedangkan mahasiswa yang lain memantau para peserta yang sedang mengikuti pelatihan. Pada sesi kedua dijelaskan mengenai pelatihan penulisan karya tulis ilmiah oleh Christian Hendra. Proses kegiatan ini dilakukan dengan memberikan penjelasan mengenai bagaimana cara membuat karya ilmiah yang baik melalui presentasi oleh pemateri.

Banyak peserta yang terlihat antusias mengikuti kegiatan pelatihan ini dan tak sedikit pula yang bertanya mengenai materi-materi pelatihan yang disampaikan. Beberapa siswa peserta pelatihan terlihat sedikit terkendala namun dengan sigap mahasiswa yang mengikuti kegiatan pengabdian ini membantu mereka.

“Pada saat penyampaian materi pertama selesai pada sesi tanya jawab mereka antusias sekali banyak pertanyaan yang mereka ajukan dan pada saat praktik mengenai permodelan gambar mereka fokus dan tidak sungkan bertanya ke mahasiswa yang ada untuk membantu mereka. Harapan kami semoga kegiatan pengenalan software desain ini lebih luas lagi jangkauannya untuk kedepannya,” ujar Amrina, salah satu mahasiswa yang ikut dalam pengabdian masyarakat ini.

Program pelatihan seperti ini diharapkan untuk dilaksanakan secara berkelanjutan. Pelatihan ini sangat penting untuk mengenalkan perangkat lunak CAD untuk permodelan gambar serta membuat karya ilmiah dengan baik sebagai bekal tambahan bagi mereka saat mereka memilih untuk bekerja professional ataupun melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

“Siswa terlihat sangat senang dan antusias saat mereka sudah bisa melakukan permodelan dengan CAD. Acara ini diharapkan dapat diadakan setiap tahun agar para siswa kejuruan dapat menggunakan perangkat lunak CAD untuk permodelan gambar serta membuat karya ilmiah dengan baik,” ungkap Amalia Ika Wulandari, S.T., M.T., Ketua kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini.

Tim Humas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *