Peningkatan Produktivitas Pelaku Industri Rumahan di Balikpapan Melalui ICT

Pelatihan Keamanan Siber Bagi Personel TNI Kodam VI Mulawarman
03/12/2018
Matematika Mengabdi
04/12/2018
Tunjukkan semua

Peningkatan Produktivitas Pelaku Industri Rumahan di Balikpapan Melalui ICT

ITK News I Pengabdian Masyarakat

Balikpapan – Pada Sabtu, 24 November 2018 telah dilaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat kepada pelaku industri rumah tangga dengan tema ‘Peningkatan Produktivitas Pelaku Industri Rumahan Melalui ICT’ di Laboratorium Komputer Institut Teknologi Kalimantan (ITK). Kegiatan ini dilaksanakan oleh Asosisasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM) dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA) dan diikuti oleh 40 orang yang memiliki usaha rumahan.

 

Di awal peserta diminta untuk melakukan pre-test terlebih dulu untuk mengetahui kemampuan awal peserta mengenai teknologi sebelum mengikuti pelatihan ICT.

 

Peserta kemudian diedukasi mengenai komputer, mulai dari cara menggunakan excel untuk menghitung berapa harga total penjualan, menghitung modal, dan menghitung harga produk per bungkus sesuai dengan modal yang dikeluarkan, hingga marginal keuntungan yang diinginkan.

 

Selain penggunaan excel peserta juga diajari bagaimana cara membuat e-mail, mengirimkan pesan melalui e-mail, dan apa saja yang bisa dilakukan dengan e-mail tersebut. Diajarkan pula penggunaan e-mail untuk penjualan online di beberapa platform jual beli daring, seperti Buka Lapak dan Tokopedia.

Terakhir, peserta diberikan post-test untuk mengetahui bagaimana perubahan pengetahuan peserta setelah kegiatan ini terlaksana.

 

Selama kegiatan berlangsung dapat dilihat bahwa masih banyak peserta yang tidak tahu bagaimana caranya mengoperasikan komputer: membuka excel, menghitung di excel, membuka browser, membuat e-mail, dan kemampuan yang notabene terbilang dasar bagi kaum milenial masa kini.

 

Untuk mengetasi hal tersebut, peserta yang masih kesulitan menggunakan komputer dibimbing oleh beberapa orang dari tim dosen dan tim mahasiswa. Adapun kekurangan selama kegiatan ini berlangsung adalah durasi waktu yang terbatas untuk materi yang cukup banyak. Kendala lainnya adalah listrik yang sempat terjadi penurunan daya.

 

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pelaku industri rumahan dengan pemanfaatan teknologi yang ada. Selain itu agar mereka memahami bahwa teknologi memberi kemudahan dalam kegiatan jual beli, dan dapat bersaing dengan industri besar lainnya.

-end-

Penulis: Tegar Palyus Fiqar, S.T., M.Kom.

RJP I Humas ITK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *