PERTAMA KALI, INSTITUT TEKNOLOGI KALIMANTAN MELAKUKAN KERJASAMA INTERNASIONAL DENGAN SAGA UNIVERSITY, JEPANG

Gedung Perkuliahan Terpadu ITK 2019
15/12/2019
Penerimaan Mahasiswa Baru ITK Tahun 2020
21/01/2020
Tunjukkan semua

PERTAMA KALI, INSTITUT TEKNOLOGI KALIMANTAN MELAKUKAN KERJASAMA INTERNASIONAL DENGAN SAGA UNIVERSITY, JEPANG

Balikpapan – Tepat pada tanggal 8 Januari 2019, Institut Teknologi Kalimantan (ITK) untuk pertama kalinya melakukan kerjasama internasional, yaitu dengan Saga University, Jepang. Kerjasama ini tertuang di dalam Memorandum of Agreement (MoA) yang telah ditandatangani langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik ITK, Nurul Widiastuti, Ph.D dan Dekan dari Faculty of Science and Engineering, Saga University, Prof. Dr. Ichihiko Toyoda. Kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan kegiatan akademik dan penelitian para civitas akademika ITK, sehingga dapat menambah pengetahuan dan pengalaman.

Bersamaan dengan kegiatan ini, Prof. Dr. Ichihiko Toyoda juga menyampaikan berbagai macam program pendidikan yang diselenggarakan oleh Saga University terutama di dalam fakultasnya. Program pascasarjana untuk gelar magister dan doktoral tersebar ke dalam tujuh departemen, yaitu Mathematical Sciences, Information Science and Engineering, Chemistry and Applied Chemistry, Physics, Mechanical Engineering, Electrical and Electronic Engineering, dan Civil Engineering and Architecture dengan berbagai topik riset yang ditawarkan. Terdapat beasiswa yang berasal dari pemerintah Jepang, seperti monbugakusho/ MEXT bagi mahasiswa yang terarik melanjutkan studi ke Jepang. Namun jangan khawatir, Saga University juga menawarkan beberapa program beasiswa seperti SIPOP dan PPGA.

Kegiatan dilanjutkan dengan kuliah tamu berjudul “Conversion of Chemical Energy to Electrical Energy Using Bioelectrochemical Techniques” disampaikan oleh Prof. Dr. Masato Tominaga, selaku Head of Chemistry and Applied Chemistry Department, Saga University. Kuliah tamu ini bertujuan untuk memperluas wawasan civitas akademika terkait pengaplikasian elektrokimia pada konversi energi listrik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *