Balikpapan – Institut Teknologi Kalimantan pada (14/08/2022) melangsungkan kegiatan pertemuan wali mahasiswa tahun 2022/2023. Kegiatan dihadiri oleh Prof. Budi Santosa., Ph.D (Selaku Rektor Institut Teknologi Kalimantan), kemudian Prof Nurul Widiastuti, S.Si., M.Si., Ph.D (Wakil Rektor Bidang Akademik). Kegiatan ini tentunya sebagi sebuah awal perkenalan Institut Teknologi Kalimantan kepada wali mahasiswa.

“Kegiatan ini merupakan tujuan sebagai pengenalan Institut Teknologi Kalimantan kepada wali mahasiswa dan sebagai komunikasi awal kepada wali mahasiswa untuk akademik dan non akademik mahasiswa” Ungkap Prof. Budi Santosa. Pada kegiatan pertemuan ini merupakan awal yang baik sebagai pengenalan terkait ITK tersebut, dan merupakan kegiatan ini sebenarnya sudah dicanangkan sejak lama namun terkendala pandemi jadi tertunda cukup lama. Kegiatan dilakukan dengan sambutan dari Rektor ITK, penyampaian terkait kegiatan akademik oleh wakil rektor bidang akademik, penyampaian oleh perwakilan wali mahasiswa, penjelasan SIAKAD dan Gerbang, dilanjutkan pengenalan jurusan, program studi, dan tour laboratorium.

“Dalam Upaya Akselerasi peningkatan Institut Teknologi Kalimantan terutama bagi mahasiswa, ITK memberikan pelayanan usaha yang maksimal dimana dari kegiatan akademik dan kemahasiswaan didalamnya” Ungkap Prof Nurul Widiastuti. Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Nurul Widiastuti, S.Si., M.Si.,Ph.D. menyampaikan terkait kondisi akademik yang berlangsung di ITK dan proses perkuliahan, kemudian terkait capaian prestasi ITK, terutama ITK beberapa menjadi yang terbaik dalam IKU terlebih pada IKU 1 yang mana merupakan indeks capaian alumni mahasiswa ITK diserap di dunia industri dan kerja dengan kurung waktu 6 bulan. Total 286 kerjasama ITK dengan berbagai mitra dan sedang terus berupaya untuk bekerjasama lebih banyak, bahkan 8 kerja sama mitra dengan luar negeri seperti Jerman dan saat ini sedang kerjasama dengan Prancis. Untuk konsep pembelajaran Institut Teknologi Kalimantan sendiri nantinya diawal semester akan ada namanya Tahap Persiapan Bersama (TPB) yaitu persiapan awal dilakukan oleh mahasiswa untuk semester 1 dan 2. Kemudian Terdapat pembelajaran E-learning yaitu proses pembelajaran yang dilangsungkan di luar kelas sehingga mahasiswa dapat belajar di lakukan perkuliahan di luar ruangan. Selanjutnya ditahun ke dua dan seterusnya mulai belajar terkait bidang studi yang dituju. Selanjutnya untuk semester 6 dan 7 dilangsungkan kegiatan KKN di lokasi wilayah yang telah bekerjasama dengan ITK dan dilanjutkan dengan kerja praktik atau magang. Bahkan saat ini terdapat kegiatan MBKM yang diatur oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, yang mana terdiri dari 9 bentuk kegiatan MBKM diantara nya adalah magang bersertifikat, pertukaran mahasiswa, bela negara, penelitian, desa penggerak, dan kegiatan lainnya.

“Kampus Merdeka yang ada tentunya harus memiliki akses dan kerjasama dengan berbagai pihak dan itu semua peran dari wali mahasiswa dengan menjalin kerjasama pada berbagai sektor, kemudian ide sangat dibutuhkan untuk kegiatan-kegiatan positif yang baik kedepannya” ungkap Pak Agung (Perwakilan Wali Mahasiswa). Banyak peran yang dapat diberikan dan dilakukan melalui ikatan wali mahasiswa Institut Teknologi Kalimantan. IKOMA nantinya sebagi wadah untuk membentuk perkumpulan wali mahasiswa.

Kemudian terkait penyampaian SIAKAD dan Gerbang Institut Teknologi Kalimantan dimana berisikan informasi terkait indeks prestasi semester, terkait UKT, jadwal perkuliahan, SIKAP (Merupakan rekap prestasi mahasiswa), dan informasi lainnya. Kemudian terkait pengajuan banding UKT dijelaskan pada kegiatan tersebut dengan kondisi-kondisi yang dapat melakukan banding ukt, serta proses ukt yang ada di ITK, baik perubahan sosial ekonomi yang ada dan kondisi beasiswa. Persyaratan dan prosedur pengajuan.

Humas Institut Teknologi Kalimantan

#KampusMerdeka

Bagikan Yuk :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •