Balikpapan – Institut Teknologi Kalimantan melalui program studi Fisika berhasil melangsungkan kegiatan PHOTON (Physics the Olympiad and Events). PHOTON (Physics the Olympiad and Events) merupakan acara rutin dari program studi Fisika Institut Teknologi Kalimantan yang tahun ini hadir dengan tema dan kegiatan yang baru yaitu Olimpiade Fisika dan Water Rocket Competitions.

Kegiatan kersebut diadakan atas inisiatif dari mahasiswa/i prodi fisika untuk dapat mengembangkan minat dan jiwa kompetisi mengenai sains untuk seluruh siswa/i yang ada di Indonesia sekaligus memperkenalkan bahwa di Institut Teknologi Kalimantan terdapat program studi fisika yang tidak kalah menarik dari program studi yang lain. PHOTON sendiri merupakan kompetisi tingkat Nasional dan kebanyak peserta berasal dari sekolah-sekolah yang ada di daerah Kalimantan timur seperti Samarinda dan Balikpapan.

Adapun sekolah-sekolah yang berhasil juara pada ajang PHOTON adalah sebagai berikut:

Juara dan finalis Olimpiade Fisika ITK 2022

  1. Juara pertama : SMAN 3 Samarinda, Nama tim : SMAGA Tim A
  2. Juara kedua : SMAN 1 Balikpapan, Nama tim : Smansa Balikpapan
  3. Juara ketiga : SMAN 13 Samarinda, Nama tim : SMA13SMD
  4. Finalis OFI : SMAN 3 Samarinda, Nama tim : SMAGA tim E
  5. Finalis OFI : SMAN 2 Balikpapan, Nama tim : tim LIL
  6. Finalis OFI : SMAK Harapan Bangsa, Nama tim : minimal podium
Gambar Juara Lomba Olimpide Fisika

Water Rocket Competition

  1. Juara pertama : SMA Negeri 2 Balikpapan, Nama tim : Tim A
  2. Juara kedua : SMAN 11 Samarinda, Nama tim : Tim O
  3. Juara ketiga : SMA IT Granada, Nama tim : Tim U
Gambar Juara Water Rocket Competition

“Harapannya acara PHOTON ITK ini dapat terus berlanjut dan peminatnya meningkat setiap tahunnya, sehingga prodi Fisika ITK bisa lebih luas dikenal oleh masyarakat dan memiliki dampak positif terutama dalam bidang pendidikan’ ungkap Dr. Swastya Rahastama, S.Si., M.Si. selaku Dosen Program Studi Fisika. ‘Event PHOTON ini berlangsung dengan meriah, terlihat dari antusiasme peserta akan pelaksanaan olimpiade serta roket air. Selain itu, peluncuran roket air sukses untuk memeriahkan acara photon terutama dari dukungan-dukungan para penonton. Mahasiswa fisika juga sudah berhasil dalam mengorganisir acara dan harapannya di tahun berikutnya bisa dilaksanakan dengan lebih baik lagi” tutup Bapak Swastya.

Humas Institut Teknologi Kalimantan

#KampusMerdeka

Bagikan Yuk :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Skip to content