Balikpapan – Institut Teknologi Kalimantan pada (Selasa, 25/01/22) melangsungkan kegiatan Forum Group Discussion (FGD) yang melibatkan stakeholder pemerintah daerah di lingkungan Kalimantan Timur. Kegiatan ini diselenggarakan untuk menginisiasi kegiatan kerjasama antara ITK dan pemerintah daerah di lingkungan Kalimantan Timur, terutama dalam hal pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi dan pengembangannya. Kegiatan FGD tersebut berlangsung di ruang rapat LPPM Laboratorium Terpadu.

Tujuan dari FGD ini adalah sebagai bentuk “Penguatan Kerjasama Institut Teknologi Kalimantan dengan Pemerintah Daerah di Kalimantan Timur Sebagai Upaya Mencetak SDM unggul dan Mendukung Pembangunan Nasional”.  “Pendidikan akan menjadi kunci dari pembangunan suatu daerah yang diharapkan tentunya putra-putri terbaik yang akan menjadikan Kalimantan Timur itu terus terbangun terlebih dengan rencana IKN kedepannya” tutur Prof. Ir. Budi Santosa Purwokartiko, Ph.D (Rektor Institut Teknologi Kalimantan). Prof Budi menyampaikan bahwa dengan jumlah masyarakat yang ada di Kalimantan sendiri sekitar 3 juta jiwa jadi masih cukup sulit untuk meningkatkan jumlah mahasiswa yang menjadi bagian dari ITK. Target yang diutarakan bahwasanya pada tahun 2025 ITK memiliki jumlah lebih dari 4000 mahasiswa.

Gambar Proses FGD Berlangsung antara ITK dengan Perwakilan Dinas Pemerintah Daerah Kalimantan Timur

Prof Budi menyampaikan ITK memiliki beberapa riset unggulan yang tentunya akan menjadikan Kalimantan Timur siap akan menjadi IKN. Adapun riset unggulan tersebut adalah pangan dan pertanian, smart city, kemaritiman, dan energi. Perlu adanya kolaborasi antar berbagai pihak dalam pembangunan dan sinergi tersebut. Dengan hadirnya ITK serta program studi unggulan yang ada bahkan dapat dibilang menjadi potensi bagi masa depan perlu dapat ditingkatkan dan dikembangkan. Pada kesempatan yang sama Bu Nurul Widiastuti S.Si M.Si., Ph.D wakil rektor bidang akademik menyampaikan ” Harapannya semoga banyak nantinya kerjasama yang berlangsung antara ITK dengan pihak-pihak daerah yang ada di Kalimantan Timur”.

 Tentunya dengan semakin banyaknya kerjasama yang ada makan dapat mengembangkan potensi ataupun ide-ide yang dapat dikembangkan. Usulan program kerjasama terus ditingkatkan oleh Institut Teknologi Kalimantan dengan berbagai dinas terkait yang ada di pemerintahan provinsi Kalimantan Timur. Contoh kerjasama yang ada yaitu pemberian beasiswa kepada mahasiswa, KKN Mahasiswa antara mahasiswa ITK dengan pemerintah kota Balikpapan, topik dari KKN tersebut juga menggali apa saja yang dibutuhkan oleh mitra serta dipetakan dengan apa saja yang dapat dilakukan oleh mahasiswa tersebut. Problem yang ada di daerah tersebut diselesaikan dan dicari inovasi nya.

#KampusMerdeka

Humas Institut Teknologi Kalimantan

Bagikan Yuk :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •