Produktif ditengah Pandemi Covid-19 dengan pelatihan pembuatan kue Ibu-Ibu PKK Kelurahan Karang Joang bersama Institut Teknologi Kalimantan

SELAMAT! LIMA TIM MAHASISWA ITK LOLOS SELEKSI KBMI 2020
04/08/2020
2 TIM INSTITUT TEKNOLOGI KALIMANTAN BERHASIL LOLOS PHP2D
11/08/2020
Tunjukkan semua

Produktif ditengah Pandemi Covid-19 dengan pelatihan pembuatan kue Ibu-Ibu PKK Kelurahan Karang Joang bersama Institut Teknologi Kalimantan

Tim Institut Teknologi Kalimantan (ITK) yang diketuai oleh Andromeda Dwi Laksono mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelatihan pembuatan kue berbasis potensi lokal yang bekerjasama dengan ibu-ibu PKK kelurahan karang joang, Balikpapan Utara. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan produktifitas ibu-ibu PKK kelurahan karang joang dimasa pandemi Covid-19 dan juga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat dengan adanya kue khas kelurahan karang joang. Efek dari adanya pandemic covid-19 mengakibatkan pelatihan ini tidak bisa dilakukan secara komunal, karena itu Tim ITK mengusung tema kegiatan pelatihan dirumahsaja. Pelatihan ini dibagi menjadi 3 tahapan yaitu tahap pertama pendaftaran peserta, kemudian tahap pelatihan secara daring melalui media whatsapp. Dan tahap terakhir pameran kue hasil pelatihan serta pengumuman juara. Pelatihan ini dilakukan kurang lebih dari pendaftaran sampai penutupan sekitar 1,5 bulan dari pertengahan mei sampai awal juli. Semua tahapan kegiatan yang terdapat tatap muka sudah memperhatikan protocol covid dengan selalu mengarahkan peserta menggunakan masker, selalu mengingatkan untuk mencuci tangan, dan sudah menyunyun tempat duduk agar jaga jarak. Tim ITK juga memberikan masker secara gratis dan menyiapkan sabun cuci tangan saat kegiatan.

Kegiatan diawali dengan pembukaan dan pendaftaran pada tanggal 15 Mei 2020. Kegiatan yang dilakukan saat pembukaan yaitu pemberian buku resep kue khas karang joang beserta tips berbisnis yang dibuat oleh tim ITK secara simbolis kepada ketua PKK karang joang dan dilanjutkan dengan pendafataran. Pendaftaran dibuka dari tanggal 15 Mei 2020 sampai tanggal 22 Mei 2020. Peserta yang mendaftar akan mendapatkan buku dan souvenir dari panitia berupa kue dari resep pada buku.

Kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan dengan metoda daring menggunakan grup whatsapp. Agar peserta lebih memahami isi buku, maka Tim ITK mengirimkan video yang berisikan panduan pembuatan kue dan memberikan tips bagaimana membuka usaha dari awal. Kegiatan pelatihan dan pendampingan dilakukan selama lebih dari 1 bulan dari tanggal 23 Mei sampai 1 Juli 2020. Peserta yang sudah mencoba arahan yang tim berikan, mengirimkan foto hasil pekerjaannya di grup whatsapp.

Kegiatan terakhir dilakukan oleh tim ITK yaitu pameran hasil pelatihan dan penutupan.  Kegiatan penutupan dilakukan pada tanggal 4 Juli 2020. Tim ITK melalukan penilaian untuk setiap kue yang dibuat oleh peserta. Dari hasil penilaian tersebut diperoleh 5 pemenang, hadiahnya berupa pengembalian uang pembelian bahan selama pelatihan dan akan didaftarkan dibadan perijinan terkait produk yang siap jual. Acara ditutup dengan sesi foto bersama dan pengarahan dari ketua Tim ITK.

Tim Humas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *