Sambut Hari Pahlawan, Listrik Negara Mengalir di Kampus Pejuang

Program Beasiswa PERTAMINA Sobat Bumi
10/11/2016
ITK Islamic Fair 2016
11/11/2016
Tunjukkan semua

Sambut Hari Pahlawan, Listrik Negara Mengalir di Kampus Pejuang

Penantian panjang itu akhirnya usai sudah. Tepat tengah hari, Rabu, 9 November 2016, listrik mengalir di Kampus Institut Teknologi Kalimantan ITK. Riuhan syukur menggema di lorong-lorong kampus yang terletak di Balikpapan, Kalimantan Timur itu. Termasuk di Aula lantai satu, di mana selepas Sholat Zuhur, Wakil Rektor Bidang Akademik, Subchan mengajak jamaah untuk sujud syukur atas momen itu. Dosen Agama Islam, Wahyu Hidayat yang menjadi imam lalu memimpin doa.

“Alhamdulillah. Semoga proses perkuliahan, praktikum, dan layanan administrasi kampus semakin maksimal,” kata Subchan.

Beberapa jam sebelum itu, tampak beberapa orang berseragam dinas mengunjungi kampus dan menemui staf ITK bagian sarana dan prasarana. Mereka adalah perwakilan dari Pemerintah Kota Balikpapan, petugas  PLN, serta perwakilan dari kontraktor.

Staf Sarana dan Prasarana ITK, Ali Usman mengatakan, kehadiran mereka menandakan bahwa ITK telah resmi mendapatkan aliran listrik dari PLN. Hal ini menjadi kabar gembira bagi seluruh warga akademik Kampus ITK.

“Ini karena karena pengadaan utilitas jaringan listrik tersebut telah lama dinantikan. Namun, baru kemarin dapat direalisasikan oleh PLN dan Pemerintah Kota Balikpapan,” ujar Ali.

Lebih lanjut Ali mengatakan, selama ini pengadaan jaringan listrik di ITK terkendala oleh pembangunan dan pemasangan instalasi jaringan seperti kabel dan lain-lain. Kondisi geografis ITK yang berada di daerah yang berbukit dan juga menjadi kendala terkait uji kualitas demi mendukung terealisasinya jaringan listrik di ITK.

Meski sempat mengalami kendala dan telah diperbaiki oleh PLN, hingga berita ini diturunkan, Rabu, 16 November 2016, listrik sudah lancar mengalir di ITK. Peralatan laboratorium, proyektor multimedia di kelas-kelas, hingga pendingin ruangan sudah menyala dengan listrik PLN.

“Semoga ini semakin meningkatkan performa perkuliahan dan kinerja ITK sebagai kampus kebanggaan warga Kalimantan Timur,” kata Rektor ITK, Sulistijono ketika dihubungi secara terpisah.

Presiden Mahasiswa Keluarga Mahasiswa ITK, Rijal Surya Rahmany, juga mengungkapkan kegembiraannya. “Temen-temen sangat antusias. Kami bersyukur dan senang sekali. Kuliah jadi makin semangat. Semoga teman-teman semakin meningkatkan prestasinya,” ujar mahasiswa asal Bulungan ini.

Rijal berharap, dengan adanya jaringan listrik di ITK saat ini dapat menambah jam aktif kuliah serta menunjang sarana prasarana pembelajaran. “Sarana penunjang kegiatan kampus semestinya kini dapat difungsikan secara optimal,” ujarnya.

LEH, RJP I Humas ITK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *