Sambut IKN baru, JTSP inisiasi kerjasama Internasional dengan Technische Universitas Munchen #JTSPJuara

Bayaruddin., S.T.,M.T., M.Sc Dosen Teknik Sipil yang Menjadi Perwakilan ITK dalam Program Bridging di Taiwan
10/02/2020
KELENGKAPAN ADMINISTRASI AKADEMIK ITK
27/02/2020
Tunjukkan semua

Sambut IKN baru, JTSP inisiasi kerjasama Internasional dengan Technische Universitas Munchen #JTSPJuara

Balikpapan – Dengan ditetapkannya Kalimantan Timur sebagai Ibu Kota Negara (IKN) berdampak positif terhadap keberadaan Institut Teknologi Kalimantan (ITK) sebagai perguruan tinggi negeri  terdekat dengan lokasi IKN. Salah satunya adalah ketertarikan Prof. Dr. Ir. Walter T. de Vries pada ITK yang membuahkan kerjasama Internasional antara Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan ITK bersama Land Management Department of Aerospace and Geodesy, Technische Universitas Munchen (TUM). Memorandum of Agreement (MoA) telah disepakati kedua belah pihak pada Rabu, 19 Februari 2020 bertempat di Auditorium ITK. Disaksikan langsung oleh  Prof. Ir. Budi Santosa Purwokartiko, Ph.D selaku Rektor Institut Teknologi Kalimantan dan ditandatangani oleh Nurul Widiastuti, S.Si., M.Si., Ph.D selaku Wakil Rektor bidang Akademik ITK beserta Andika Ade Indra Saputra S.T., M.T. selaku Ketua Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan Wilayah dan Kota menjadikan awal kerjasama bagi kedua belah pihak dalam bidang Pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

 

Prof. Dr. Ir. Walter T. de Vries menyatakan bahwa ketertarikannya memulai kerjasama dengan ITK yang notabene merupakan Institusi berusia muda didasari pada peran besar yang dimiliki ITK dalam pembangunan teknologi khususnya di Kalimantan Timur yang akan menjadi Ibu Kota Indonesia, hal ini sejalan dengan tujuan dari Universitas Munchen dalam memberikan support pada local development. Mr. Walter pada sambutannya juga mengatakan “Collaborations means we work together on research in equal basis, so not Germany telling Indonesia whats to do but we in equal partnership and we looking for win win situations in our collaborations”.

Proses penandatanganan MoA dilanjutkan dengan pelaksanaan kuliah tamu dengan tema “Application of 8R Framework of Responsible Land Management to Evaluate Relocation of Capital Cities” yang dibawakan langsung oleh Prof. Dr. Ir. Walter T. de Vries dimoderatori oleh Dosen Perencanaan Wilayah dan Kota ITK, Dwiana Novianti Tufail, S.T., M.T. dan diikuti oleh mahasiswa JTSP.

Diharapkan dengan terjalinnya kerjasama antara JTSP ITK dengan Technische Universität München dapat menjadi simbol peran aktif dan keseriusan ITK dalam mendukung Kalimantan Timur sebagai Ibu Kota Negara bersama Technische Universität München dan wujud nyata JTSP ITK dalam mengembangkan diri lalu ikut serta dalam pembangunan hingga kancah Internasional.

 

Humas|ZTN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *