Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1941

ITK News I Hari Besar Agama

Balikpapan – Pada Minggu, 3 Maret 2019, Tim Pembina Kerohanian Hindu (TPKH) dan Keluarga Mahasiswa Hindu (KMH) Institut Teknologi Kalimantan (ITK) mengikuti persembahyangan Melasti yaitu persembahyangan di Pantai SPN Balikpapan untuk penyucian buana agung (alam semesta) dan buana alit (individu). Sebelum keberangkatan ke Pantai SPN, umat Hindu berkumpul di Puru Giri Jaya Natha yang beralamat di Jalan R.E. Martadinata.

 

“Ada yang berbeda pada persembahyangan melasti kali ini, jika tahun sebelumnya umat Hindu dari Samarinda, L4 dan Tenggarong juga berkumpul di Balikpapan, namun tahun ini umat Hindu dari ketiga daerah tersebut melaksanakan upacara melasti di Teluk Dalem, Samarinda. Sedangkan yang bergabung di Pantai SPN Balikpapan adalah umat Hindu dari daerah Penajam Paser Utara dan Tanah Paser,” papar Luh Putri Adnyani, Pembina TPKH ITK yang turut hadir di Pantai SPN untuk melaksanakan persembahyangan Melasti bersama.

 

Persembahyangan Melasti merupakan rangkaian dari Hari Raya Nyepi, yang diikuti oleh Tawur Kesanga pada Rabu, 6 Maret 2019 dan puncak hari Raya Nyepi sendiri jatuh pada Kamis 7 Maret 2019. Dan rangkaian acara terakhir adalah Ngembak Geni yang jatuh pada Jumat 8 Maret 2019.

 

Tahun Caka adalah penanggalan yang berasal dari India dan merupakan sebuah penanggalan syamsiah-kamariah (candra-surya) atau kalender luni-solar. Era Saka dimulai pada tahun 78 Masehi.

 

“Saya mewakili TPKH ITK dan KMH ITK, mengucapkan selamat hari Raya Nyepi tahun Caka 1941, semoga kedamaian datang dari segara penjuru,” ucap Luh Putri.

-end- 

Penulis: Luh Putri Adnyani untuk Humas ITK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *