Silaturahmi, Pengenalan dan Informasi ITK atau biasa disebut SPIn ITK merupakan kegiatan yang ditujukan bagi mahasiswa baru ITK. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan peraturan-peraturan di ITK kepada mahasiswa baru, baik peraturan akademik maupun non akademik.

 

SPIn ITK yang berlangsung pada 11-13 Agustus 2015 berjalan lancar. Kegiatan yang berlangsung tiga hari ini diawali dengan penerimaan resmi mahasiswa baru ITK 2015 oleh Rektor ITK, Prof. Dr. Ir. Sulistijono, DEA. Penerimaan resmi mahasiswa baru ITK 2015 dilakukan secara simbolis dengan penyematan jas almamater kepada perwakilan mahasiswa baru yang diwakili oleh Achmat Hidayat dari Program Studi Teknik Mesin dan Nikki Annisa dari Program Studi Teknik Sipil. Dengan penyematan jas almamater secara simbolis tersebut, telah resmi calon mahasiswa baru ITK 2015 yang berjumlah 375 orang menjadi mahasiswa ITK.

 

 

Mahasiswa baru ITK 2015 beragam, berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Ada yang berasal dari pulau Sumatera, Jawa, Sulawesi dan tentunya Kalimantan. Hal tersebut diketahui ketika sesi istirahat, yang dipandu oleh MC. Ketika diminta menyampaikan pesan dan kesan, beberapa mahasiswa yang berasal dari luar pulau Kalimantan terlihat sangat antusias dan bersemangat bisa menjadi seorang mahasiswa ITK.

 

Pada hari pertama kegiatan ini juga, ada kuliah tamu oleh Henky Eko Supriyantono ST, MT, atau yang lebih akrab disapa Cak Eko. Cak Eko ialah pemilik usaha Bakso Malang Kota. Beliau menjelaskan mengenai pengalamannya merintis berbagai usaha, dan akhirnya sukses merintis usaha dalam menjual bakso yang saat ini sudah tersebar di berbagai kota di Indonesia bahkan telah membuka cabang di luar negeri. Beliau menceritakan bagaimana suka dukanya dalam merintis usaha. Sebagai orang teknik, tidak menutup kemungkinan untuk berkarir sebagai seorang entrepreneur di berbagai bidang. Di saat sekarang ini, Indonesia sangat membutuhkan banyak entrepreneur yang dapat membuka banyak lapangan pekerjaan bagi masyarakat, sehingga dapat meningkatkan perekonomian Indonesia.

Pada hari kedua, mahasiswa baru dibagi menjadi 5 gugus yang selanjutnya akan dikenalkan dengan peraturan-peraturan yang ada di ITK. Pengenalan peraturan-peraturan baik akademik maupun non akademik ini diisi oleh dosen-dosen ITK. Sedangkan pada hari ketiga, mahasiswa baru dikenalkan dengan masing-masing program studi. Dalam pengenalan program studi ini, selain mahasiswa baru dapat mengenal siapa-siapa saja dosen yang nantinya akan mendidik mereka, hadir juga beberapa kakak tingkat mereka di masing-masing program studi.

Diharapkan dengan terlaksanakannya kegiatan ini, mahasiswa baru ITK 2015 dapat mengerti mengenai peraturan akademik maupun non akademik ITK serta dapat meningkatkan tali silaturahmi diantara mahasiswa baru dengan mahasiswa lama dan juga tentunya dengan para dosen ITK.

*ihs

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *