Balikpapan – Institut Teknologi Kalimantan meluluskan 29 wisudawan dalam Upacara Wisuda Ke-1 Program Sarjana pada Sabtu, 3 September 2016, di Ruang Auditorium, Kampus ITK, Karang Joang. Dari total 1355 mahasiswa ITK saat ini, para wisudawan tersebut merupakan pioner. Mereka berasal dari lima program studi yakni Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Sipil, dan Teknik Perkapalan.

“Kami sangat bangga atas keberhasilan saudara-saudara dalam menempuh studi di ITK. Semoga dengan latar belakang sebagai alumni perguruan tinggi negeri yang berbasis sains dan teknologi, saudara dapat berperan dan berkontribusi dalam proses pembangunan di Indonesia, khususnya di Indonesia bagian Timur,” kata Rektor ITK, Prof. Dr. Ir. Sulistijono, DEA. dalam sambutan wisudanya.

Hadir dalam Upacara Wisuda ke-1 ini Gubernur Kalimantan Timur beserta jajaran Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, Walikota Balikpapan beserta jajaran Pemerintah Kota Balikpapan, Ketua dan Anggota Majelis Wali Amanat ITS, Pimpinan PTN-PTS di Kalimantan Timur, Pimpinan/Direksi Bank milik BUMN, jajaran media, para orang tua wisudawan, jajaran dosen dan staf tenaga kependidikan ITK, serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Gubernur Kaltim yang diwakili oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kaltim, Profesor Dwi Nugroho Hidayanto mengatakan lulusan ITK sangat diharapkan mampu menguasai teknologi di bidangnya, dan juga mampu mewujudkan percepatan pencapaian Kaltim maju dan sejahtera.

“ITK akan menjadi perguruan tinggi yang unggul dan maju di Indonesia. Ini semua berkat kerja keras kita bersama dan dukungan penuh Gubernur Kaltim,” katanya.

Upacara wisuda berlangsung khidmat. Dimulai dari penayangan video ITK, persembahan Tari Enggang dan Saman, menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh Paduan Suara Mahasiswa; pembukaan upacara oleh Prosesi ITK, pembacaan doa, pembacaan SK Rektor tentang Lulusan Program Sarjana serta lulusan berpredikat Cumlaude/Dengan Pujian Wisuda Periode September 2016; Pengukuhan wisudawan oleh Rektor ITK; Penyerahan Ijazah kepada wisudawan; Penyerahan piagam bagi lulusan berpredikat Cumlaude, Pidato perwakilan wisudawan, Sambutan Rektor, Sambutan inisiator ITK yang dibawakan oleh mantan Rektor ITS, Prof. Triyogi Yuwono; Sambutan Gubernur Kaltim; dan Sambutan Walikota Balikpapan.

Di akhir acara, Pemerintah Provinsi Kaltim menyerahkan bantuan bus kepada ITK. Penyerahan bus kepada ITK diwakili oleh Plh Setprov Kaltim yang juga Asisten Pemerintahan dan Umum Setprov Kaltim, Aji Sayid Fatur Rahman. “Semoga bus ini mampu memudahkan aktivitas dan operasional civitas kampus maupun mahasiswa dapat memanfaatkannya untuk kegiatan di luar kampus,” katanya.

“Ini menjadi momen sejarah karena institusi yang diinisiasi pemerintah pusat ini akhirnya meluluskan sarjana pertamanya. Mereka adalah putra daerah yang siap membangun daerahnya,”kata Wakil Rektor Bidang Akademik, Subchan kepada Humas ITK.

Sebagai wisudawan terbaik, ada Yasmin Zulfathi Yusrina dari Program Studi Teknik Mesin ITK, putri dari bapak Muhammad Khozi dan Ibu Rochani. Yasmin menyelesaikan studi dalam waktu delapan semester dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,56. Dari wisudawan putra ada Rifqi Amir Wijaya dari Program Studi Teknik Kimia. Putra dari bapak Sutrisno dan ibu Nur Chusaini. Rifqi menyelesaikan studi dalam waktu delapan semester dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,58.

Walikota Balikpapan, Rizal Effendi yang hadir dalam Wisuda ke-1 ITK juga turut memberikan sambutan. “Selamat kepada para wisudawan. Kalau warga Kaltim mau jadi tuan rumah di rumah kita sendiri, syaratnya kita harus lebih hebat dari orang luar. Kami doakan agar kalian menjadi orang-orang hebat, berguna bagi bangsa dan Negara. Terima kasih kepada civitas akademika ITK yang sudah membekali mereka ilmu pengetahuan,” kata Rizal.

(Humas ITK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *