Workshop Android Developer di ITK

Arsip ITK News I Workshop Sistem Informasi

BalikpapanGoogle Developer Android Expert, Ibnu Sina Wardy atau Ibun menjadi pembicara dalam kegiatan Workshop yang berlangsung di ruang Laboratorium Komputer, Institut Teknologi Kalimantan pada hari Senin (13/11/2017). Kegiatan workshop dimulai pada pukul 09.05 WITA dengan Dosen Sistem Informasi dan Informatika, Tegar Palyus Fiqar sebagai moderator dan dihadiri oleh 32 orang mahasiswa sebagai peserta. Para peserta disarankan untuk melakukan instalasi aplikasi Android Studio 3.0 sebelum workshop dimulai.

Dijelaskan bahwa bahasan dalam workshop terdiri atas 4 pembahasan utama, yaitu Android Core Components, MVP, sejarah kemunculan GITS dan unit test. Pembahasan pertama dengan Create Android Project yang terdiri atas aktivitas (Activity), intent, dan navigasi (navigation).

Dikatakan bahwa tanda pengenal (ID) yang unik (Primary Key) dalam membuat beberapa aplikasi, sehingga tidak terdapat ID yang sama. Dilanjutkan dengan langkah-langkah pembuatan activity, intent, navigation dan XML. Di satu kesempatan, salah seorang peserta M. Yoga Nugraha memberikan pertanyaan terkait perbedaan button dan constraint layout.

Setelah menjawab pertanyaan dari salah satu peserta, beliau melanjutkan pembahasan dengan memberikan beberapa “cara cepat” dalam penulisan algoritma di Android Studio 3.0. Serta beberapa link untuk bahan pelajaran lebih lanjut terkait MVP pattern in Android. Kegiatan workshop berlansung hingga pukul 12:00 WITA dan dilanjutkan dengan istirahat.

Pada pukul 13.07 WITA, kegiatan workshop dilanjutkan kembali dengan pembahasan kemunculan GITS Indonesia. GITS merupakan perusahaan teknologi informasi terutama software development. Berawal dari 5 orang bernama C16 dan dibentuk pada bulan September 2008. Setelah beberapa kali perubahan nama, akhirnya GITS secara resmi terbentuk pada tahun 2010.

Selanjutnya beliau memberikan kiat-kiat sukses, yaitu improve skills dengan buku, seminar, workshop, dan mentor. Pada pukul 13.35 WITA, materi dilanjutkan terkait unit test dengan mockito. Dengan penulisan algoritma menggunakan espresso. Kegiatan workshop berakhir pada pukul 15.45 WITA dan diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan dari Institut Teknologi Kalimantan serta sesi foto bersama.

-end-

Tim Sistem Informasi untuk Humas ITK

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *