#2019SUKSESKANPROKSI: Persembahan Teknik Sipil ITK Sukseskan HUT Kota Balikpapan ke-122

Pelamar Lulus Seleksi Administrasi CPNS ITK-Kemenristekdikti Tahun 2018
01/11/2018
Skema Baru Seleksi Masuk PTN 2019
02/11/2018
Tunjukkan semua

#2019SUKSESKANPROKSI: Persembahan Teknik Sipil ITK Sukseskan HUT Kota Balikpapan ke-122

Undangan I Seminar Nasional

Balikpapan – Seminar nasional merupakan sebuah ajang bergengsi berskala nasional yang diselenggarakan di beberapa kampus besar di Indonesia. Ini menjadi salah satu ajang untuk menunjukkan kualitas dan eksistensi kampus masing-masing.

 

Seiring berkembangnya teknologi, kampus – kampus yang baru berdiri pun tidak mau kalah untuk unjuk gigi dalam meningkatkan eksistensinya, salah satunya ialah Institut Teknologi Kalimantan (ITK). Meskipun terbilang baru, ITK tidak bisa dipandang sebelah mata. Beberapa acara tingkat nasional telah diselenggarakan dalam 4 tahun terakhir sejak diresmikan menjadi Perguruan Tinggi Negeri di Kota Balikpapan.

 

Salah satu acara bertaraf nasional yang diselenggarakan oleh Program Studi Teknik Sipil ITK pada tahun 2016 ialah 1st National Conference of Civil Engineering (NCCE) yang mengangkat tema “Peluang dan Tantangan Pembangunan Kereta Api Borneo” . Acara tersebut terdiri dari Kuliah Umum, Seminar Nasional, Kompetisi Esai, hingga Kompetisi Desain Pelabuhan. Tak hanya sampai disitu, acara puncak NCCE yang dilaksanakan pada tanggal 3-4 Mei 2017 di Auditorium ITK dihadiri oleh civitas akademika teknik sipil, Direktur Lalu Lintas Perkeretaapian, Zulmafendi, Ahli Kereta Api sekaligus dosen Institut Teknologi Bandung (ITB), Sigit P. Santosa, dan Ahli Rekayasa Geoteknik Institut Teknologi Kalimantan, Muhammad Muntaha.

 

Kesuksesan yang telah diraih pada gelaran pertama, membuat segenap civitas akademika Teknik Sipil berbenah diri untuk menyiapkan acara yang tak kalah menarik dari sebelumnya. Acara tersebut bertajuk Seminar Nasional Proyek dan Konstruksi (PROKSI) yang bertemakan “Inovasi Konstruksi Berkelanjutan Berbasis Pemanfaatan Sumber Daya Kalimantan di Era Revolusi Industri 4.0”.

 

Berbeda pada penyelenggaraan yang pertama, kali ini Seminar nasional PROKSI oleh Prodi Teknik Sipil ITK akan diselenggarakan pada bulan Februari 2019 sebagai bentuk partisipasi dalam memperingati hari jadi Kota Balikpapan ke-122. Tema ini diangkat atas dasar upaya mengenalkan dan mempersiapkan masyarakat Kalimantan Timur dalam menghadapi tantangan serta mengambil peluang melalui inovasi teknologi berbasis digital dan teknologi ramah lingkungan.

 

Seminar Nasional Proyek dan Konstruksi memiliki beberapa rangkaian acara di antaranya:

  • Fun Walk bersama civitas akademika ITK dan warga Balikpapan,
  • Inovasi Beton Nasional (NOBEL) untuk Mahasiswa,
  • Lomba Essay Nasional (LENSA) untuk siswa SMA/SMK,
  • Kompetisi Keterampilan Software (KSS),
  • Inovasi Teknologi Informasi Bidang Konstruksi (INTERAKSI), dan
  • Acara utama yang ditunggu-tunggu yaitu Seminar Nasional Proyek dan Konstruksi (PROKSI), lalu ditutup dengan
  • Talkshow di salah satu mall di Balikpapan dengan tema Sinergi ABG (Academic-Business-Government). Dengan menghadirkan pembicara-pembicara yang sangat kompeten dan berpengaruh untuk pembangunan, yaitu
    • Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Ir. Mochammad Basoeki Hadimoerjono, M.Sc,
    • Gubernur Kalimantan Timur Ir. H. Isran Noor, M.Si,
    • Ahli Bidang Struktur Kayu Institut Teknologi Bandung, Prof. Ir. Adang Surahman M.Sc.,Ph,D, dan
    • CEO E-Commerce bidang konstruksi com, Errika Ferdinata

 

Seminar nasional ini diharapkan berlangsung dengan meriah dan mampu memperbesar peluang dari proses transfer ilmu antar dunia pendidikan dan dunia industri, sehingga dapat saling bersinergi dalam proses pengembangan ilmu pengetahuan. Sebagai agent of change generasi Z, yuk tunjukkan kontribusi nyata mu dalam membangun Negeri di era revolusi industri 4.0.

Kalau bukan kita, siapa lagi?

 

Nantikan Seminar Nasional PROKSI pada bulan Februari 2019! See you guys there!

 

Find us on:

Instagram        : @semnasproksi

Line                 : @lwc299lj (using @)

Facebook        : Seminar Nasional Proksi

Twitter            : @semnasproksi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *