Balikpapan – Institut Teknologi Kalimantan pada tahun 2022 ini telah memiliki total 22 program studi. Diantara 22 program studi tersebut terdapat 5 program studi baru yang baru dibuka, kelima program studi ini tentunya miliki prospek menjanjikan dimasa depan terlebih bagi Institut Teknologi Kalimantan yang berada di Balikpapan yang menjadi salah satu penyangga Ibu Kota Negara (IKN). Lima program studi ini dianatranya adalah sebagai berikut :

  1. Bisnis Digital  : Program Studi Bisnis Digital menciptakan kolaborasi keilmuan dari bisnis dan teknologi dalam menyiapkan sumber daya manusia di era industri 4.0. Menghasilkan lulusan di bidang Entrepreneur, Pemasar Digital, Konsultan Bisnis, Pengembang Bisnis, dan Data Analis. Bidang Minat: Digital Business Development, Digital Marketing, Busniess Consultant, Data. Prospek Lulusan : Data Analyst, Entrepeneur, Business Development, Digital Marketing, dan Busniess Consultant.
  2. Teknik Logistik : Program studi yang berisi ilmu untuk mengatur dan mengontrol arus barang, energi, informasi, dan sumber daya lainnya, dari sumber produksi ke pasar dengan tujuan mengoptimalkan penggunaan modal. Manufaktur dan marketing akan sulit dilakukan tanpa dukungan logistik. Logistik juga mencakup integrasi informasi (smart logistic), pergudangan, reverse logistics dan pemaketan. Bidang minat : Logistik digital, rekayasa logistic, logistik global, dan manajemen logistic. Transportation. Prospek Lulusan : Supply Chain Management, Logistics Information System, Data Analysis, Profesional Logistik, Akademisi, Entrepeneur, dan Konsultan Logistik
  3. Desain Komunikasi Visual : Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah cabang ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media dengan memanfaatkan elemen-elemen visual ataupun rupa untuk menyampaikan pesan untuk tujuan tertentu. Bidang Minat : Komunikasi Grafis, Komunikasi Visual Periklanan, dan Komunikasi Multimedia. Prospek Lulusan : Sebagai wirausaha maupun freelancer : desainer grafis, ilustrator, fotografer, animatorweb designer dsb. Biro konsultan desain (graphic house), Biro iklan (advertising), Rumah produksi (production house), Stasiun TV, Percetakan dan penerbitan, Hubungan Masyarakat (public relation) lembaga swasta dan pemerintah.
  4. Rekayasa Keselamatan : Rekayasa keselamatan adalah disiplin rekayasa yang memastikan bahwa sistem terekayasa menyediakan tingkat keselamatan yang dapat diterima. Hal ini sangat terkait  dengan rekayasa sistem, rekayasa industri dan subset rekayasa keamanan sistem. Bidang Minat : Keselamatan dan kesehatan Kerja. Prospek Lulusan : Koordinator kesehatan dan keselamatan kerja, Environmental specialist, dan Analis quality control.
  5. Teknologi Pangan : Teknologi pangan adalah suatu teknologi yang menerapkan ilmu pengetahuan tentang bahan pangan khususnya setelah panen (pasca panen) guna memperoleh manfaatnya seoptimal mungkin sekaligus dapat meningkatkan nilai tambah dari pangan. Mempelajari semua aspek dalam ilmu pangan mulai dari fisik, biologis, maupun kimiawi.  Bidang Minat : Keamanan Pangan, Kimia Pangan, dan Proses Pengolahan. Prospek Lulusan : Quality Control/Pengendalian Mutu, Konsultan Pangan dan Gizi,  Lingkup Pemerintahan, Food Scientist, dan Akademisi.

Tentunya kelima program studi tersebut memiliki prospek yang menjanjikan dan menjadi pilihan bagi calon mahasiswa baru untuk menentukan program studi di Institut Teknologi Kalimantan

Humas Institut Teknologi Kalimantan

#KampusMerdeka

Bagikan Yuk :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •