Balikpapan – Institut Teknologi Kalimantan melalui UKM Pramuka ITK berhasil mendapatkan dana hibah Program Holistik Pembinaan Dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) dari KEMDIKBUDRISTEK tahun 2021. Program ini memiliki beberapa tahap yaitu tahapan seleksi proposal, pengumuman lolos seleksi, implementasi program dan evaluasi. Pelaksanaan PHP2D dilakukan selama enam bulan. Adapun Pramuka ITK yang berhasil lolos ke tingkat nasional dan mendapatkan dana hibah pengabdian kepada masyarakat diketuai oleh Albar Zuda Al-Zubier, serta beranggotakan Arief Fadhilah Rahman, Ayu Oktari Rahman, Theresia Tiara T T, Arya Kurnia Pambudi, Arya Fatur Rahman, Dian Puspitasari, Albita Wahyuningtyas, Yunita Komala Sari, Alfawan, Muhammad Rachly Januar, Nurhastivania Sohifatul K, dan Yusnanengsi, mereka semua dibawah bimbingan dan arahan bapak Dr. Moch. Purwanto, S.Si.,M.Si.

Gambar Sosialisasi Bersama pihak kelurahan

Program yang tim Pramuka ITK lakukan berada di Kelurahan Mentawir Kec. Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. Adapun hal yang melatar belakangi dari E-MAP sendiri adalah untuk mengoptimalkan pemasaran dan pengembangan produk olahan buah mangrove dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat yang mandiri sebagai bentuk penerapan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat. Inovasi yang dilakukan adalah dengan mengolah produk dari buah mangrove manjadi produk makanan yang dapat dijadikan oleh-oleh khas Kalimantan Timur.

Kedepannya program dilakukan dengan memberikan sosialisasi kepada masyarakat sekitar terkait pemanfaatan buah mangrove menjadi produk yang bernilai guna. Selain itu juga memberikan pelatihan pembuatan produk, pengurusan administrasi sertifikasi halal, pengurusan administrasi BPOM, pengadaan peralatan produksi, pembuatan website, serta menghubungkan dengan mitra yang nantinya menjadi sasaran pemasaran produk. Untuk yang telah berjalan adalah pembuatan website, pengadaan peralatan secara bertahap, sosialisasi dan pelatihan pembuatan produk. Untuk administrasi sertifikasi halal dan BPOM masih dalam proses. Albar Ketua tim PHP2D mengatakan “Berharap kedepannya program ini, dapat mengembangkan perekonomian masyarakat, khususnya masyarakat Mentawir. Selain itu mewujudkan ekonomi masyarakat Mentawir yang mandiri”.

#KampusMerdeka

Humas Institut Teknologi Kalimantan

Bagikan Yuk :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •