Angkat Konsep HOTS, Dosen Matematika dan Statistik ITK Rangkul Guru-Guru Matematika SMP dalam Program Pengabdian Masyarakat.

Program Studi Matematika dan Statistika Institut Teknologi Kalimantan (ITK) kembali menggelar program pengabdian masyarakat bertajuk peningkatan pembelajaran Matematika dengan metode HOTS (Higher Order Thinking Skills). Program yang diinisiasi tahun 2019 lalu melalui kegiatan praktikum matematika berbasis HOTS di SMPN 15 Balikpapan ini dilanjutkan dengan sosialisasi penggunaan berbagai media permainan untuk menunjang pembelajaran matematika yang dibuat oleh dosen-dosen Program Studi Matematika ITK. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 13 Maret 2020 ini dihadiri oleh puluhan guru matematika SMP yang tergabung dalam MGMP Matematika SMP Balikpapan. Peserta nampak sangat antusias mencoba beberapa permainan yang diperkenalkan diantaranya modifikasi ular tangga dan UNO dengan konsep matematika.

Antusiasme guru-guru MGMP Matematika Balikpapan memainkan permainan matematika

Tidak hanya itu, melalui program pengabdian masyarakat ini, tim pelaksana yang terdiri atas tiga dosen ITK, yaitu Irma Fitria, S.Si., M.Si. (Statistika), Indira Anggriani, S.Si., M.Si. (Matematika), dan Nashrul Millah, S.Si., M.Si. (Matematika) juga membuat video animasi pembelajaran materi volume dan luas permukaan bangun ruang sisi lengkung (bola, tabung, dan kerucut). Melalui video ini, diharapkan siswa dapat lebih mudah membayangkan konsep bangun ruang yang dikaitkan dengan benda-benda disekitar mereka. Untuk mengevaluasi pemahaman siswa, dibuat pula soal-soal latihan digital yang dapat secara otomatis memberikan penilaian terhadap hasil kerja siswa. Dengan demikian, siswa dapat berlatih dan mengevaluasi pemahaman mereka secara mandiri.

Cuplikan video animasi materi volume dan luas permukaan tabung

Kegiatan terakhir dari rangkaian program pengabdian masyarakat ini adalah webinar yang mengangkat topik yang sama, yaitu pembelajaran matematika berbasis HOTS. Acara yang dilaksanakan secara daring melalui media Google Meet ini dihadiri oleh guru-guru matematika dari beberapa SMP, baik lokal Balikpapan maupun kota-kota lain di Indonesia. Disamping menampilkan video animasi pembelajaran matematika, kegiatan webinar ini juga membahas mengenai karakter soal-soal matematika berbasis HOTS yang melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Kedepannya, diharapkan program-program seperti ini akan terus berlanjut sehingga memberikan manfaat yang menyeluruh bagi pendidikan di Indonesia, utamanya di bidang matematika.

Dokumentasi kegiatan webinar

 

Tim Humas ITK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *