Balikpapan – Institut Teknologi Kalimantan merupakan salah satu perguruan tinggi negeri di provinsi Kalimantan Timur, menjadi sebuah perguruan tinggi tentunya tidak akan lepas dari yang namanya Tri Dharma Perguruan Tinggi. Berbicara mengenai tri dharma perguruan tinggi tersebut salah satu diantaranya adalah riset/penelitian. Lalu bagaimana dalam menemukan ide ataupun gagasan dalam melakukan sebuah riset/penelitian. Mari simak tips dalam menemukan ide penelitian kalian:

  1. Tentukan Topik yang Kalian Sukai

Topik adalah sebuah inti dari riset dan penelitian yang dilakukan. Topik sendiri merupakan sebuah hal yang memang harus ditentukan peneliti. Topik yang masih awal tersebut, kemudian dikembangkan dengan membuat cakupan yang lebih sempit atau lebih luas. Dengan kita menyukai topik yang disukai maka akan membuat kita dalam mencari dan bersemangat dalam menyelesaikan ataupun mencari referensi riset/peneltian tersebut. Tentunya banyak banget topik yang bisa kalian ambil dimulai dari kesehatan, energi, lingkungan, sosial, budaya, teknologi, dan lain sebagainya.

2. Metode ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi)

Kembangkan sebuah ide ataupun gagasan yang kamu miliki dengan mengamati inovasi dan teknologi yang telah ada. Setelah melakukan pengamatan kemudian tiru inovasi tersebut dengan permasalahan yang sesuai untuk teknologi atau penelitian dapat menyelesiakan permasalahan yang ada. Namun ingat jangan lupa memodifikasi dengan cara dan referensi yang kamu kembangkan sendiri. Modifikasi tersebut bisa dilakukan dengan menganalisis analisa SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities, dan Threats), PESTEL (Politic, Economic, Social, Technology, Environment, and Legal), dan analisa lainnya yang kamu bisa.

3. Perbanyak Membaca Review Jurnal

Bacalah jurnal-jurnal pendukung penelitian yang dilakukan dengan membuat berbagai macam kelebihan dan kekurangan jurnal yang dibaca. Lakukan evaluasi terhadap abstrak pada jurnal tersebut. Temukan metode yang sesuai dengan penelitian yang dilakukan dan jangan lupa memperhatikan apakah jurnal yang didapatkan bereputasi atau tidak. Karena jurnal yang bereputasi akan mejangkau penelitian yang dilakukan semakin bagus. Memilih jurnal yang memiliki diindeks berkualitas dengan tentunya faktor dampak yang sangat tinggi

4. Amati Lingkungan Sekitar

Mulailah lihat potensi sekitar dengan hal tersebut tentunya ide riset penelitian yang dimiliki maka akan dapat menyelesaikan masalah sekitar. Selain itu dengan mengamati lingkungan sekitar akan melatih diri dalam peka dan objektif terhadap lingkungan sekitar.

5. Temukan Potensi Lokal Daerah

Tentunya potensi setiap daerah di Indonesia berbeda-beda, oleh sebab itu temukan potensi lokal apa yang ada di daerah masing-masing. Hal ini tentunya bertujuan untuk meningkatkan pula potensi daerah yang diangkat dan mengembangkan nilai sumber daya yang ada di daerah tersebut. Melimpah ataupun khas pada daerah masing-masing juga dapat membuat tulisan ide riset penelitian lebih orisinil dan potensi keberlanjutan untuk daerah tersebut akan semakin baik.

6. Lihatlah Isu Terkini

Jangan lupa untuk selalu terbuka dengan isu terkini yang sedang dihadapi oleh nasional maupun internasional. Isu tersebut dapat menjadi sebuah gambaran permasalahan apa yang sedang terjadi dan bagaimana diri kita sebagai mahasiswa dalam menyelesaikan masalah tersebut dengan melihat potensi-potensi penyelesaian dengan ilmu sains dan teknologi.

7. Diskusi Dengan Dosen Pembimbing

Cara lain dalam temukan sebuah ide riset penelitian adalah dengan melakukan diskusi, dengan ini dapat Menggali Ide Riset yang dosen pernah lakukan dan kira-kira apa yang harus dikembangkan ataupun di selesaikan. Tentunya semakin banyak diskusi akan membrainstorming  diri dengan ide-ide yang kita miliki.

Tentunya banyak cara untuk dapat temukan riset penelitian yang akan dilakukan, pastikan catat ide tersebut karena jika tidak dicatat akan bisa hilang atau terlupakan. Semangat untuk meneliti dan jadilah inovator muda untuk Indonesia.

#KampusMerdeka

Humas Institut Teknologi Kalimantan

Bagikan Yuk :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •