Bangkitkan Energi Serta Ajak Pegawai Sehat dan Bugar Rektor ITK Pimpin Senam Ling Tien Kung

by | Jan 15, 2023 | Berita-ITK, Informasi ITK, Kegiatan-ITK

Balikpapan – Institut Teknologi Kalimantan pada Jumat 13 Januari 2023 langsungkan Senam Ling Tien Kung. Senam tersebut langsung dipimpin oleh Prof. Dr. Agus Rubiyanto, M.Eng.Sc. selaku rektor Institut Teknologi Kalimantan. Senam Ling Tien Kung sendiri baru pertama kali dikenalkan di lingkungan Institut Teknologi Kalimantan. Olahraga senam terapi Ling Tien Kung” yang berasal dari Surabaya ini diciptakan oleh Fu Long Swie, mantan atlet nasional pada era 1960-an. Semula olahraga yang memiliki motto “Making People Healthy” ini dipraktikkan di pinggir jalan Perumahan Central Park, Mulyosari, Kota Surabaya.

Lien Tien Kung, atau yang juga bisa dikenal senam Empet-Empet Anus adalah merupakan gerak terapi yang memusatkan latihan pada gerakan anus yang diyakini sebagai pusatnya kesehatan manusia. Dengan melakukan  tahapan ini badan menjadi lebih sehat dan bugar. Gerakan-gerakan dalam Lien Tien Kung memiliki fungsi yang bermacam-macam. Gerakannya terlihat mudah misalnya, berjongkok sambil berjinjit dan empet-empet anus, merentangkan tangan ke samping, atau menekuk satu kaki dalam posisi berdiri. Namun, gerakan-gerakan yang kelihatannya gampang itu akan terasa sulit saat harus dilakukan dalam durasi waktu yang cukup lama. Masing-masing gerakan mempunyai manfaat yang berbeda-beda.  

Gambar Senam Lien Tien Kung

Ling Tien Kung disebut juga Ilmu Titik Nol. Intinya adalah berpusat pada pelatihan anus yakni Empet-Empet Anus (Fu Kang) dan Charge Aki Manusia. Secara singkat, esensi atau formula Ling Tien Kung adalah sumber energi kehidupan di dalam tubuh manusia ini berfungsi seperti aki yang terdiri dari dua kutub antara lain: Pusar sebagai kutub negatif/katoda dan Anus sebagai kutub positif/anoda. Teknik gerakan Ling Tien Kung terdiri dari 5 teknik gerakan yaitu warming up, memperbaiki kondisi aki/charge, penataan ulang organ-organ tubuh dengan gerakan kocok-kocok, membangkitkan titik nol, dan pengendapan emosi.
Sebelum terapi kesehatan Ling Tien Kung sebaiknya sarapan dulu atau kosumsi karbohidrat. Saat melakukan jangan memaksakan diri, lakukan dengan rileks sesuai dengan aba-aba gerakan oleh Laoshi.

Kesehatan dapat dijaga dan dirawat dengan berbagai macam media dan sarana. Semua itu tergantung pada siapa yang benar-benar ingin menjaga kesehatan ataupun siapa yang benar-benar ingin sehat. Lalu, untuk menjaga kesehatan tidaklah harus mahal, seperti halnya senam Lien Tien Kung ini yang meskipun terlihat sederhana namun sangat kaya akan manfaat dan membawa kebahagian tersendiri bagi dosen dan tendik ITK.

Humas Institut Teknologi Kalimantan

#KampusMerdeka

Bagikan Yuk :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Skip to content