Balikpapan – Institut Teknologi Kalimantan melalui mahasiswinya ikut berpartisipasi dalam program Pertukaran Mahasiswa Merdeka-Dalam Negeri (PMM-DN). PMM-DN merupakan salah satu bentuk dari program merdeka belajar kampus merdeka yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar dari lintas perguruan tinggi, provinsi, dan budaya. Dalam hal ini mahasiswi yang merasakan kesempatan tersebut adalah Dini Arianti (Mahasiswi Perencanaan Wilayah dan Kota angkatan 2020).

Dini menuturkan pada kegiatan PMM-DN yang ia lakukan bentuk kegiatannya yaitu pertukaran, dalam hal ini kegiatannya peserta PMM belajar di kampus yang berbeda baik dari kampus penerima ataupun kampus mitra yang mengadakan kelas untuk mata kuliah unggulannya. Selain itu, ada pula mata kuliah wajib bagi peserta PMM yaitu Modul Nusantara yang berisi kegiatan KBM mengenai pengenalan budaya yang ada di Nusantara, baik di daerah asal peserta maupun di daerah asal kampus penerima, kegiatannya dapat dilakukan secara daring ataupun luring.

Pengalaman yang Dini rasakan yaitu bisa bertemu dengan banyak orang, teman, dan dosen yang baik serta suportif. Selain itu, melalui ini Dini dapat menambah insight bukan hanya dalam lingkup prodi PWK saja tapi dari prodi lainnya. Lebih mengenal budaya yang ada dan menjadi mahasiswa yang peka dan berdampak dalam masyarakat. Dimana Dini bukan hanya belajar duduk di ruang kelas tapi Dini juga langsung bisa terjun menganalisis permasalahan langsung di masyarakat.

Gambar Kegiatan Bersama Anak-anak (Dini di tengah)

“Kesan kegiatannya sangat seru dan sangat menambah pengalaman, relasi serta wawasan. Pesannya kedepannya mungkin kegiatan ini bisa dilaksanakan secara luring semua tanpa terkecuali untuk pembelajaran yang lebih efektif” tutur Dini.

Kemudian dari program ini sendiri, Dini mendapat benefit diantara nya mendapat sertifikasi digital image processing pada mata kuliah yang Dini ambil di kampus penerima yang mana dapat berguna di prodi Dini sendiri, selain itu, Dini juga dapat arahan penelitian yang banyak dari dosen di UGM terkait penelitian ruang dan berhasil mendapat nilai A atas penelitiannya. Disatu sisi Dini juga di beri kesempatan untuk menjadi perwakilan Delegasi PMM DN se-nusantara untuk berbincang dengan Mas Menteri Nadiem Makarim di acara Kemendikbudristek yang mana hal itu meningkatkan kepercayaan diri Dini dan melatih public speaking.

#KampusMerdeka

Humas Institut Teknologi Kalimantan

Bagikan Yuk :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •