Bersama PLN, ITK Lakukan Susur Pantai

Balikpapan – Program Studi Teknik Lingkungan Institut Teknologi Kalimantan bekerja sama dengan PLN mengadakan acara Susur Pantai di pesisir Pantai PLTD Batakan. Minggu (18/08/2019).

Kegiatan Susur pantai ini merupakan agenda tahunan yang diadakan oleh Teknik Lingkungan Institut Teknologi Kalimantan. Para peserta yang mengikuti kegiatan susur pantai dihimbau untuk membawa botol minum sendiri untuk mengurangi sampah yang dihasilkan dari penyelenggaraan kegiatan ini. Tujuan dilakukannya kegiatan susur pantai ini adalah untuk memotivasi para generasi muda agar peduli kepada lingkungan dengan melihat secara langsung dampak yang ditimbulkan ketika banyak yang membuang sampah sembarangan terlebih di pantai. Kegiatan ini pun secara tidak langsung mempromosikan program studi Teknik Lingkungan Institut Teknologi Kalimantan.

Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 07.00 pagi – 12.00 siang. Tidak hanya Mahasiswa/i Teknik Lingkungan ITK yang ikut dalam acara susur pantai ini,  kegiatan ini juga dihadiri oleh para siswa/i SMA dan Dinas Lingkungan Hidup di Kota Balikpapan yang diundang untuk berpartisipasi membersihkan sampah di Pantai PLTD Batakan.

Saat para peserta sampai di pantai PLTD Batakan peserta diarahkan untuk registrasi dan dibagi menjadi beberapa kelompok, setiap kelompok dibedakan dengan berbagai macam warna pita. Setelah dibagi menjadi beberapa kelompok, panitia mengarahkan kelompok pada lokasi yang akan dibersihkan. Setiap peserta menggunakan sarung tangan untuk memungut sampah. Sampah yang telah dikumpulkan tiap kelompok kemudian ditimbang. Kelompok yang yang paling banyak mengumpulkan sampah akan memperoleh predikat Kelompok Terbersih.

Tidak hanya membersihkan sampah, namun setiap kelompok juga mendapat arahan untuk mempublikasikan kegiatan Susur Pantai PLTD Batakan dengan cara membuat poster digital yang kemudian diunggah ke media sosial seperti Instagram. Hasil karya peserta berupa poster digital dinilai oleh juri dan kelompok dengan poster paling menarik mendapatkan predikat Kelompok Terbaik.

Acara susur pantai ditutup dengan sesi foto bersama dan pemberian plakat kepada pihak PLN.

Hasil yang didapatkan setelah dilakukannya kegiatan susur pantai adalah pantai terlihat lebih bersih dari sebelumnya, berikut dokumentasi saat sebelum dan sesudah kegiatan susur pantai.

Bermula dari kegiatan yang sederhana dapat menunjukan bahwa kepedulian masyarakat terhadap sampah memberikan pengaruh besar bagi lingkungan di sekitar. Dengan adanya kegiatan positif ini diharapkan para generasi muda lebih termotivasi untuk menjaga lingkungannya. Karena itu saatnya kita sebagai agent of change melakukan tindakan yang sekiranya dapat mengurangi sampah yang telah mencemari lautan.

(STA/NIA)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *