BI Gandeng ITK, Memperkenalkan GPN ke Mahasiswa

Bank Indonesia (BI) menggelar sosialisasi dan edukasi program Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) di Institut Teknologi Kalimantan pada hari Kamis 12 September 2019.  Kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi penukaran kartu debet biasa dengan kartu GPN dan secara tidak langsung untuk memperkenalkan GPN itu sendiri.

“Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) adalah sistem yang terdiri atas standar, switching, dan services yang dibangun melalui seperangkat aturan dan mekanisme (arrangement) untuk mengintegrasikan berbagai instrumen dan kanal pembayaran” kata Novi Cahyono (Analis Senior Departemen Elektronifikasi dan Gerbang Pembayaran Nasional), kamis (12/09).

Bank Indonesia mengedukasi mahasiswa dan civitas akademika ITK melalui berbagai rangkain acara yaitu ceremony, lomba cerdas cermat, lomba ranking 1, dan sosialisasi GPN. Lomba ranking 1 yang dilaksanakan di Lantai 1 Gedung A ITK digelar dengan meriah, mahasiswa sangat antusias untuk mengikuti perlombaan tersebut, materi yang diberikan oleh panitia BI tersebut cukup menjebak, kata peserta lomba ranking 1 saat ditemui oleh tim humas ITK. Ilham Tri Riyadi (Pemenang lomba ranking 1) berharap, kedepannya acara edukasi seperti ini akan terus dilaksanakan dan lebih meriah.

Dalam perlombaan lainnya yaitu Lomba Cerdas Cermat, Juara 1 berhasil diraih oleh tim dari prodi Perencanaan Wilayah dan Kota yang terdiri dari Adi Sakti Cipta Nugraha, Romi Alfianor, dan Yusrina Amaliah. Tim ini berhasil mengungguli 2 tim lainnya pada babak final yaitu tim dari prodi Teknik Sipil dan Teknik Mesin. Pertanyaan menyangkut seputar bank BI dan GPN berhasil mereka jawab dengan benar. “Kami hanya mencoba saja, menang atau kalah belakangan, kami percaya diri saja walaupun latar belakang kami bukan dari perbankan” kata Adi sebagai perwakilan tim. “Harapannya acara seperti ini rutin diadakan di Kampus kami ITK agar menjadi ajang mencari pengalaman dan mengasah kemampuan diri bagi mahasiswa lain” tutur Romi.

 

|Humas ITK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *